Pangkalan TNI AL Palembang Terima Kunjungan Peserta Palembang Good Guide (PGG) di Binpotmar 1 Ilir Lanal Palembang

Detikdjakarta-TNI AL, Palembang, 11 Februari 2023,– Bertempat di Binpotmar 1 Ilir Palembang, Palaksa Lanal Palembang Mayor Laut (P) Yusan Taufik beserta Perwira Staf menerima Kunjungan Peserta Palembang Good Guide (PGG) yang berjumlah 40 orang.

Perwira Staf dan Personel yang mendampingi Palaksa Lanal Palembang dalam giat penyambutan tersebut yakni, Kasubdis Kumlater Koarmada RI Letkol Laut (KH) Deni, Pgs. Pasops Kapten Laut (P) Agus Hariansyah, Pgs. Dansatma Letda Laut (P) Gadafi, S.Sos., Paur Opslat Letda Laut (P) Markus Suwono, Paurwat BK Letda Laut (K) Hendra, Paurbinpotmar Letda Laut (P) Bambang, Korwil Binpotmar 1 Ilir Pelda Pom Ranto, Korwil Bunga Tanjung Peltu Mes Mas Budi, Personel Satkom, Personel Patkamla Sungai Musi, Sea Reader dan Patkamla Dokan.


Rombongan Tour Guide tiba di Dermaga Binpotmar 1 Ilir Palembang dengan menggunakan perahu ketek (perahu tradisional Sungai Musi) dan disambut oleh Palaksa Lanal Palembang yang didampingi oleh Perwira Staf Lanal Palembang.

Selanjutnya rombongan PGG berkesempatan menyaksikan pemutaran Video Profile Lanal Palembang serta mendengarkan Paparan Profile Lanal Palembang yang disampaikan oleh Palaksa Lanal Palembang dan dilanjutkan sesi tanya jawab.

Acara dilanjutkan dengan melaksanakan Tour/meninjau fasilitas yang ada dan lingkungan disekitar Dermaga Binpotmar 1 Ilir Palembang. Rangkaian kegiatan diakhiri dengan sessi Foto Bersama.

Sebagai informasi PGG Palembang ini
adalah penyedia jasa pemandu wisata yang diisi oleh anak-anak muda Palembang dan berafiliasi dengan Jakarta Good Guide (JGG). Setiap pemandu akan membawa atribut seperti tanda pengenal sebagai pemandu PGG dan anggota Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Palembang, serta buku panduan yang berisi foto tempo dulu dari rute kegiatan.

Zaim, salah satu pemandu wisata PGG mengatakan, dimulai dari dirinya yang berlatang belakang ilmu sejarah mengikuti kegiatan JGG di Jakarta. Dia pun berinisiatif untuk menyediakan jasa ini juga di Palembang.

“Kini tim PGG sudah semakin bertambah yang secara bergantian bisa memandu di rute manapun yang tersedia,” jelasnya.

Disebutkannya, JGG sendiri terbentuk di tahun 2014. Lalu diikuti Jogja Good Guide pada tahun 2016 dan Bandung Good Guide pada tahun 2020. PGG baru hadir di tahun 2021 setelah kondisi pandemi sudah mulai sedikit mereda dan orang-orang sudah berani untuk berjalan-jalan. Terakhir, Medan Good Guide pada tahun 2022.

Ditempat terpisah, dalam pernyataannya Komandan Lanal Palembang Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko, S.E., M.Tr. Hanla., mengatakan Lanal Palembang akan sangat mendukung kegiatan positif seperti ini, dan berharap akan menstimulus generasi muda untuk membaca peluang yang ada, diharapkan para generasi muda dapat ikut berkontribusi bagi perkembangan dunia pariwisata di Kota Palembang, karena masih banyak  objek wisata yang menarik dan memiliki prospek yang bagus namun belum terpromosikan dengan baik.

(Pen Lanal Palembang)

(NDA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *