Danlanal Bintan Hadiri Rapat Audiensi Muhibah Budaya Jalur Rempah Dengan Menjelajahi 7 Kearifan Lokal Tahun 2024

Detikdjakarta – TNI AL, Bintan,- Bertempat di Rupat Utama Kantor Gubernur Kepri, Komandan Lanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., menghadiri undangan Gubernur Kepri dalam rangka Audiensi Kegiatan Muhiban Budaya dan Festival Jalur Rempah 2024, Kamis (16/05/2024).

 

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan (Ditjenbud), akan menggelar Pelayaran Budaya dengan menggunakan KRI Dewa Ruci bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut. Pelayaran yang bertajuk “Muhibah Budaya Jalur Rempah 2024” ini bertujuan mengangkat khazanah budaya bertema “Jalur Rempah dan Konektivitas Kebudayaan Melayu”. Pelayaran ini berlangsung di 7 titik, mulai dari Jakarta pada 5 Juni 2024 dan kembali ke Jakarta pada 17 Juli 2024.

Pelayaran tersebut melewati titik-titik yang mengandung sejarah perdagangan dan budaya penting akan simbol keterhubungan daerah serta konektivitas sejarah melalui Jalur Rempah. Muhibah Budaya Jalur Rempah (MBJR) dapat menjadi wahana untuk mengaktifkan kembali Jalur Rempah, menghubungkan titik perdagangan rempah, dan mempererat ikatan budaya antar wilayah.

Baca Juga :   Pangkalan TNI AL Dumai Berhasil Mengamankan Ballpress 700 Koli Dari Port Klang Malaysia

 

Rute pelayaran menyusuri 7 (tujuh) titik Jalur Rempah yaitu, Jakarta, Belitung Timur, Dumai, Sabang, Melaka di Malaysia, Tanjung Uban, Lampung, dan berakhir di Jakarta. Seluruh peserta berjumlah 150 orang terbagi ke dalam 3 batch pelayaran dengan tiga titik pergantian peserta yaitu, Jakarta, Dumai, dan Tanjung Uban.

 

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Kepri diwakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepri M. Nazri, Pangkoarmada I diwakili Aspotmar Pangkoarmada I Kolonel Laut (P) Philipus Sri Suharto, Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., Ditjenbud Provinsi Kepri Wahyu Jatmiko, Asdep Pemajuan Kemenko PMK, Andre Notohamijoyo, Biro Umum M. Ridwan, Direktorat PPK Erwin dan Yusmawati, Biro Adpim Lastri dan Indah, Dinas Kebudayaan Provinsi Kepri M. Naziransyah, Dinas Pariwisata Provinsi Kepri Budy Prasetya, Dinas Koperasi Provinsi Kepri Bungsu Rianto, Pamong Budaya Madya Disbudpar Kota Tanjungpinang Syafaruddin, Kominfo Provinsi Kepri Sepryan dan Jalu Duri.

 

(Pen Lanal Bintan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *