APOLEKSOSBUD BERITA DAERAH NASIONAL SEPUTAR JAKARTA SOSIAL

RAYAKAN 77 TAHUN RI, KPPI GELAR DONOR DARAH

DETIKDJAKARTA.COM, JAKARTA –

“Dengan Semangat Merdeka, Bergerak Dengan Sesama”, itulah tema dari acara aksi donor darah yang diadakan di Kantor Palang Merah Indonesia atau PMI DKI Jakarta, jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat pada hari Senin (29/08/2022). Acara terselenggara atas kerjasama Komite Penggerak Pendidikan Indonesia atau KPPI.

Masih dalam suasana bulan kemerdekaan RI, giat aksi donor darah tersebut diadakan untuk membantu pasokan ketersediaan stok darah untuk PMI DKI Jakarta. Sebagai informasi, bahwa semenjak pandemi 2 tahun yang lalu, pasokan darah sempat berkurang, akibat para pendonor dibatasi akibat protokol kesehatan yang ketat.

Giat donor darah yang diselenggarakan di gedung PMI DKI Jakarta lantai 5, juga di dukung oleh beberapa organisasi massa (ormas), antara lain Aliansi Wartawati Indonesia (AWI), Media Independen Online Indonesia atau MIO Indonesia, Perkumpulan Wartawan Online Independen Nusantara (PWOIN), DPW IPJI DKI Jakarta, GKRI, IHKC, Lingkar 17, Lembaga Kajian dan Pemerhati Pembangunan Indonesia (LKPPI), Komunitas Donor Sehat (KOMDAS), One More.

Ir. Agung Karang (Ketua Umum KPPI dan Ketua MIO Indonesia DKI Jakarta), mengatakan, “KPPI yang usianya baru berdiri 2 bulan, namun tetap terus berkarya dan salah satu kegiatan nya adalah aksi donor darah ini. Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI, sudah banyak membuat gebrakan kegiatan.”

“Dengan bekerjasama dengan beberapa Ormas, ada 13 ormas, KPPI akan terus berkarya. Donor darah juga selain membantu orang lain, juga dapat menyehatkan buat diri kita sendiri. Selain donor darah, KPPI juga akan bekerjasama dengan sekolah-sekolah di tiap daerah di DKI Jakarta yang siswanya sudah mempunyai KTP untuk dapat mendonor darah. Ada dua hal dalam mendonor darah, yang pertama amal dan yang kedua, menyehatkan diri sendiri, bisa awet muda, contohnya say sendiri, ” pungkasnya seraya bercanda dengan awak media ketika memberikan keterangan kepada media.

Diharapkan KPPI akan terus kontinu dalam mengadakan aksi kemanusiaan l, salah satunya adalah dengan giat donor darah.

Pihak PMI DKI Jakarta, H. Syarifuddin,SE., MM, (Ketua bidang Pengembangan Sumber Daya) mengatakan, “Hari ini PMI mengucapkan Terima kasih atas kolaborasinya dari KPPI, hari ini peduli untuk berdonor. Memang setiap hari kebutuhan darah 1200 kantong darah dan harus melayani 400an Rumah Sakit di DKI Jakarta. Dan untuk itulah kegiatan ini, KPPI dapat membantu ketersediaan sebanyak 1200 kantong darah tersebut, ” jelasnya.

“Tidak mudah untuk menyadarkan masyarakat DKI Jakarta mendonorkan darahnya untuk memenuhi ketersediaan darah sebanyak 1200 perharinya. Belum lagi nanti jika sudah terkumpul kantong darahnya nanti, harus diperiksa dan dikelompokkan sesuai golongan darahnya. Dan juga darah harus clean n clear dari berbagai sumber penyakit. Stok darah kita sampai hari ini tercukupi.”

“Harapan kami, kegiatan ini terus digalakkan dan kami siap hadir di mana pun diselenggarakan nya aksi donor darah,” pungkasnya.

Terakhir dari kegiatan donor darah ini panitia memberikan hadiah doorprice berupa alat rumah tangga untuk 15 pendonor terbanyak, yang diberikan oleh sekretaris 2 Ibu Rika Rachmawati SE.

 164 total views,  2 views today

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.