Mendag Zulkifli Hasan Hadiri Jambore Dai Internasional di Fakfak Papua

BERITA99 Dilihat

DETIKDJAKARTA.COM, FAKFAK –

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan bertolak ke Fakfak Papua untuk menggelar serangkaian agenda kunjungan kerja. Salah satunya menghadiri Jambore Dai Internasional di Distrik Teluk Patipi, yang diselenggarakan oleh Ustadz Fadlan Garamatan.

“Saya dan rombongan hari ini (20/12) berangkat dini hari, 4 Jam Jakarta ke Sorong, 1 jam Sorong Fakfak, san joan darat 2 jam dari bandara ke Teluk Patipi, untuk memenuhi undangan guru saya, sahabat saya Ustadz Fadlan Garamatan menghadiri Jambore Dai Internasional ke 7,” jelas Zulkifli Hasan saat tiba di lokasi Jambore ditemani Bupati Fakfak Untung Tamsil, Selasa (20/12/2022).

Dalam Sambutannya, Mendag yang akrab disapa Zulhas ini mengaku sangat mengagumi perjuangan Ustadz Fadlan Garamatan yang terus bergerak di jalan dakwah

“Ustadz Fadlan memberikan teladan kepada kita, perjuangan beliau di jalan pendidikan dan dakwah sangat menginspirasi. Bikin pesantren, sekarang mau bangun Masjid raya juga di Teluk Patipi, malu rasanya kalau kita tidak ikut berpartisipasi dalam misi yang mulia ini,” tambah Zulhas

Di momen ini Zulhas pun menegaskan komitmennya untuk ikut membantu menyukseskan pembangunan Masjid yang Ia yakini akan jadi tempat bangkitnya gerakan keummatan di Fakfak ini.

“Fakfak ini salah satu kota tertua, investasi dibidang pendidikan dan dakwah ini investasi jangk panjang, hasilnya bukan besok, tapi nanti, untuk Indonesia di masa yang akan datang,” tutur Mendag.

Berjuang dan Berkompetisi

Kepada peserta jambore yang hadir, Zulhas pun berpesan agar sebagai manusia hakekat kita memang harus terus berjuang dan berkompetisi.
Zulhas bahkan bercerita tentang Ia yang sejak kecil sudah dilatih untuk dispilin salah satunya dengan puasa senin-kamis.
“Bekali diri dengan ilmu dan kepribadian yang kokoh, latih diri sejak dini dan jadilah versi terbaik dari diri kita,” ungkap Mendag.
Selain menghadiri Jambore, Zulhas juga sempat sholat Zuhur di Masjid Tua di Teluk Patipi, di mana disana terdapat Mushaf kuno yang telah ada sejak ratisan tahun lalu.

Festival Budaya Teluk Berau Fakfak jadi Pengggerak Ekonomi Daerah

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menghadiri Festival Budaya Berau di Fakfak, Papua Barat, hari ini, Selasa (20/12). Mendag Zulkifli Hasan pun mengapresiasi kegiatan festival budaya tersebut karena menjadi upaya peningkatan daya tarik Fakfak bagi wisatawan sehingga dapat meningkatkan perekonomian Fakfak.
“Saya berharap penyelenggaraan Festival Budaya Teluk Berau ini dapat turut menggerakkan perdagangan makanan dan minuman setempat, termasuk penjualan di pasar-pasar setempat. Saya juga akan menceritakan ke daerah-daerah lain betapa indahnya kehidupan di Kabupaten Fakfak,” kata Mendag.
Mendag Zulkifli Hasan juga mengatakan, penyelenggaraan festival budaya di penghujung tahun seperti Festival Budaya Teluk Berau ini bersamaan dengan perayaan Natal dan Tahun Baru.
Festival tersebut tidak hanya menjadi acara festival biasa, namun sekaligus menjadi perekat dan bentuk kebersamaan merayakan suka cita.

Tampung Aspirasi Masyarakat

Dalam kegiatan tersebut, Mendag Zulkifli Hasan juga menampung aspirasi dari masyarakat dan pemerintah daerah untuk membangun ekonomi di Fakfak.
Mendag Zulkifli Hasan meminta Pemerintah Kabupaten Fakfak berkoordinasi lebih lanjut untuk mendapatkan sarana-sarana penunjang perekonomian di Fakfak.
“Misalnya terkait pasar, Bapak Bupati agar berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan untuk memperbaiki pasar rakyat, sehingga bisa menjadi semakin bagus,” kata Mendag Zulkifli Hasan.
Setelah menghadiri Festival Budaya Teluk Berau, Mendag menyempatkan diri meninjau Pasar Sosar tempat pelaksanaan festival. Turut Hadir Bupati Fakfak Untung Tamsil. Mendag didampingi oleh Sekretaris Jenderal Kemendag Suhanto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *