Kolaborasi dengan PMI, BIN Bawa Semangat Baru Gerakkan Perubahan Bagi Pemuda Papua

Detikdjakarta-Jayapura – Badan Intelijen Negara (BIN) bersama Papua Muda Inspiratif (PMI) telah menjalin kolaborasi untuk memberikan semangat baru bagi para anak muda Papua. Salah satu langkah konkrit yang dilakukan adalah pembangunan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) sehingga generasi muda Papua mendapatkan stimulus positif untuk meningkatkan kreativitasnya.

PMI yang menjadi sebuah organisasi binaan BIN mempunyai tugas untuk membawa semangat baru bagi anak-anak muda di Tanah Papua. Nantinya, PMI akan menempati Gedung PYCH dan mengajarkan tentang teknologi informasi serta cara mengaplikasikannya untuk pengembangan diri ataupun berbisnis sampai skala internasional.

Gedung PYCH harus dimanfaatkan oleh PMI untuk memunculkan dan memaksimalkan potensi dari seluruh anak muda Papua, baik dari sisi kreatif maupun pemanfaatan ekonomi. Untuk itu apresiasi kepada pemerintah dan BIN perlu diberikan atas upaya dan komitmen demi memajukan masyarakat Papua.

“Apresiasi yang mendalam perlu diberikan atas kepedulian Presiden Jokowi dan BIN berkat dibangunnya Gedung Papua Youth Creative Hub, PMI adalah organisasi untuk mengembangkan potensi dari Orang Asli Papua (OAP) dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua. ” ujar salah satu Founder PMI, George Sea.

PMI akan menempati Gedung PYCH dan mengajarkan tentang teknologi informasi serta cara mengaplikasikannya untuk pengembangan diri ataupun berbisnis sampai skala internasional. Pembelajaraan ini tentunya akan mengarah pada kesejahteraan masyarakat, khususnya di Papua.

Selain itu, PMI memberikan label dengan nama PYCH untuk menjadi brand dari produk hasil olahan jagung dari masyarakat binaan mereka. PMI menggencarkan program pertanian sebagai salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan ketahanan pangan Papua.

Koordinator PMI Jayapura, Daud Edison Yarisetouw menjelaskan, hasil panen akan dibeli oleh CV Tripilar Perkasa untuk dijadikan pakan ayam. Produk pakan ayam nanti akan dikemas dengan label PYCH.

“Kami mengadakan panen bersama. Jadi di lahan ini panennya bertahap. Ini (program penanaman jagung) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya ketahanan pangan,” kata Daud

PMI atas bimbingan BIN telah mempersiapkan segala sesuatunya dari mulai pengolahan lahan jagung hingga distribusi hasil jagung. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan nilai ekonomi atas hasil panen sehingga roda perekonomian di Papua dapat terus bertumbuh.

(NDA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *