BERITA DAERAH SEPUTAR JAKARTA TEKNOLOGI

SOEGIHARTO SANTOSO: TEKNOLOGI BUATAN ANAK BANGSA MAJUKAN MASYARAKAT INDONESIA

DETIKDJAKARTA.COM, JAKARTA – Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Aptiknas) hadir dalam pameran Inagreentech 2022 di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta, menghadirkan produk-produk teknologi terkini anak bangsa. Teknologi merupakan sebuah keniscayaan bagi hidup manusia saat ini.

Aptiknas memiliki 29 DPD di seluruh Indonesia. “Kami sangat mendukung pameran ini. Produk teknologi yang ditampilkan sangat mumpuni dan merupakan karya anak bangsa,” ujar Ketua Umum Aptiknas, Soegiharto Santoso.

Pameran Inagreentech 2022 ini terbilang besar dan perlu dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menyaksikannya, baik secara daring maupun langsung. Dengan hadir langsung di Jiexpo, Kemayoran, masyarakat dapat menyaksikan langsung pelbagai produk yang dipamerkan dalam ajang ini. Kita juga dapat berinteraksi dengan pemandu yang memberi keterangan secara detail terkait pameran.

Soegiharto Santoso mengatakan, teknologi yang dihadirkan Aptiknas di sini dikerjakan anak Indonesia sendiri, khususnya di bidang software. Ada robot, yang bisa mengontrol proses produksi dan distribusi agar tidak keluar jalur. Kerja manusia pun kian efisien. Dengan teknologi, ada harapan emisi gas karbon pun dapat dikontrol.

Internet of thing (IoT) menjadi peradaban global yang baru. Teknologi internet diciptakan untuk membantu hidup manusia. Walau ada sisi negatifnya, menurut Soegiharto, sisi positif teknologi lebih banyak dirasakan manusia. Teknologi melayani kebutuhan masyarakat.

Soegiharto berpesan, kita tak boleh terperangkap dalam wacana seakan teknologi akan mengurangi peran manusia dan mengontrol seluruh hidup manusia. Sebaliknya, ia mengajak kita positif melihat kehadiran teknologi komunikasi dan informasi sekarang ini.

Buktinya, dalam banyak hal, sekarang, manusia sudah menggunakan teknologi dalam aktivitas dan hidupnya. “Mau tidak mau, hidup kita sudah berada dalam lingkaran teknologi. Ini sangat membantu kita semua,” tambah Ketua DPP Aptiknas ini.

Aptiknas membangun jaringan kerja sama dengan pelbagai pihak. Kerja sama Aptiknas dengan pemerintah terlihat antara lain ketika Kementerian Perindustrian ikut membina kaum muda dalam pelbagai kegiatan pembinaan di bidang industri, termasuk model bisnis startup.

Terkait dimensi komunikasi, Soegiharto mengatakan lewat pameran ini maka teknologi anak bangsa bisa dikenal dan diapresiasi masyarakat. Dengan datang ke lokasi pameran maka kita lebih mengenal lagi produk teknologi dan komunikasi terkini.

Sejak 2018, Presiden Joko Widodo sudah mencanangkan Industri 4.0. Semua mengarah kepada otomatisasi. Manusia perlu upgrade dirinya agar lebih maju. Tak perlu berprasangka kita akan diganti teknologi. Teknologi itu sebuah keniscayaan.

Demikian Soegiharto mengapresiasi jurnalis yang datang meliput kegiatan ini. “Tanpa teman-teman jurnalis, berita tentang teknologi terbaik ini tak bisa sampai ke mata dan hati masyarakat. Kita semua saling membutuhkan, karena manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial,” kata Soegiharto.

Dan sebagai makhluk sosial, kerja sama dengan semua pihak itu amat penting: asosiasi, industri, anak muda, masyarakat dan pemerintah. Teknologi dapat membantu hidup manusia sejauh digunakan secara bijak. (red)

 110 total views,  2 views today

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.