Prajurit Lanal Lhokseumawe Ikuti Pelaksanaan Upacara HUT Ke-78 TNI Tahun 2023 dI Lhokseumawe

ANGKATAN LAUT5 Dilihat

Detikdjakarta TNI AL, Lhokseumawe,- Prajurit Lanal Lhokseumawe mengikuti pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-78 TNI Tahun 2023, bertempat di Lapangan Hiraq Kota Lhokseumawe, Jalan Merdeka, Desa Simpang Empat, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Kamis (05/10/2023).

Bertindak selaku Inspektur Upacara pada kegiatan ini, Kepala Seksi Teritorial Korem 011/LW Letkol Kav Makhyar, S.T., M.M., dengan peserta upacara terdiri dari 1 SST Denarhanudse 001/ CSBY, 1 SST Brigif25/Siwah, 1 SST Denarhanudse 001/CSBY Lanal Lhokseumawe, 1 SST Satradar 231 Lhokseumawe, 1 SST Yonko 469 Kopasgat, 1 SST Polres Lhokseumawe, 1 SST PNS Gabungan, 1 SST Menwa, dan 1 SST Pramuka.

Sedangkan bertindak sebagai Komandan Upacara Kapten Pas Muhammad Isnain Sidin, S.T.Han, yang jabatan sehari-harinya sebagai Komandan Kompi Senapan B Yonko 469 Kopasgat.

Dalam amanatnya, Panglima TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang dibacakan oleh Kasiter Korem 011/Lw mengatakan bahwa TNI telah hadir dan menjalankan amanah sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia selama 78 tahun. Berbagai ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa dan tumpah darah telah berhasil diatasi dengan baik.

“Berdasarkan hasil survei dari berbagai lembaga survei di tanah air TNI telah mendapat tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi baik di dalam maupun di luar negeri. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI atas dedikasi, loyalitas dan profesionalisme yang telah ditunjukkan selama ini,” kata Panglima TNI

Panglina TNI menambahkan bahawa Terlepas dari kepercayaan masyarakat dan prestasi yang telah kita raih, TNI tidak boleh terlena karena beragam tantangan yang sedang dan akan kita hadapi tidaklah ringan. Setelah Pandemi Covid-19 mereda, dunia saat ini sedang berusaha memulihkan diri dari krisis pangan, krisis energi dan krisis finansial. Situasi geopolitik dan ekonomi juga dipenuhi dengan ketidakpastian akibat konflik dan krisis di berbagai belahan dunia.

Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-78 TNI pada tahun 2023 ini, mengusung tema “TNI PATRIOT NKRI, PENGAWAL DEMOKRASI UNTUK INDONESIA MAJU”, yang mengandung makna bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasiuntuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

Diakhir amanatnya, Panglima TNI memberikan beberapa penekanan yang harus dipedomani, yakni Tingkatkan terus keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME, sebagai landasan mental pada setiap pelaksanaan tugas, Pegang teguh amanat Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI serta jaga terus kemanunggalan dan kepercayaan rakyat kepada TNI, Laksanakan komitmen netralitas TNI, ikuti peraturan, pedoman, dan perintah yang telah diberikan terkait cara bersikap dan bertindak dalam tahapan pesta demokrasi lima tahunan ini, Jalin komunikasi, kerjasama dan sinergitas dengan Polri, kementerian/lembaga dan komponen bangsa yang lainnya demi tercapainya stabilitas keamanan nasional yang aman, damai dan sejuk, serta Jaga nama baik TNI dimanapun berada, selalu ingat bahwa tindakan sekecil apapun akan berdampak pada institusi TNI secara umum.

Mengakhiri kegiatan upacara Peringatan HUT TNI Ke-78 Tahun 2023  di Lapangan Hiraq Lhokseumawe ini ditampilkan Defile Pasukan dan Kendaraan Alutsista TNI wilayah Lhokseumawe dan Aceh Utara. Disaksikan masyarakat Kota Lhoseumawe yang begitu antusias menyaksikan jalannya upacara dan defile. Bahkan beberapa masyarakat dapat menikmati dan menaiki kendaraan alutsista TNI yang merupakan hal langka dialami oleh masyarakat, sebagai wujud kemanunggalan TNI dan rakyat.

Turut hadir pada kegiatan upacara Peringatan HUT TNI Ke-78 tahun 2023 ini, Kasiter Korem 011/LW, Dandenpomal Lanal Lhokseumawe, Kasdim 0103/Aut, Sekdako Lhokseumawe, Kadis Ops Satradar 231, Wakapolres Lhokseumawe, Wakapolres Aceh Utara, Kasi Intel Kejari Lhokseumawe, Danyon B Pelopor Satbrimob Polda Aceh, Perwira, Bintara dan Tamtama serta PNS gabungan serta TNI gabungan wilayah Lhokseumawe-Aceh Utara. Juga hadir ibu-ibu gabungan Persit Kartika Chandra Kirana, Jalasenastri dan Pia Ardhya Garini.

(Pen Lanal Lhokseumawe)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *