Lanal Bintan Turut Laksanakan Peresmian Kampung Bahari Nusantara TNI AL Di Kampung Panau Kabil Secara Virtual

Detikdjakarta-TNI AL, Bintan,- Lanal Bintan turut serta melaksanakan acara Peresmian Kampung Bahari Nusantara TNI AL secara Virtual dipimpin Wakil Presiden RI Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin bersama 68 Satkowil TNI AL yang dipusatkan di KBN Pulau Untung Jawa dengan mengambil tema “Kampung Bahari Nusantara TNI AL Siap Meningkatkan Produktifitas Untuk Transformasi Ekonomi Yang Inklusif dan Berkelanjutan Bagi Masyarakat Maritim Yang Sejahtera,” bertempat di Panau, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa, Batam, Senin (15/05/2023).

Dalam sambutannya, Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan Indonesia memiliki Sumber Daya Alam yang sangat melimpah ini menjadi salah satu modal untuk mewujudkan visi Indonesia Emas tahun 2045. TNI AL menginisiasi program Kampung Bahari Nusantara sebagai mandat pembinaan wilayah pesisir agendanya yakni menyelesaikan permasalahan Ekonomi, Kesehatan, Edukasi, Pertahanan dan Budaya Kampung Bahari Nusantara Angkatan Laut siap mendukung Transformasi Ekonomi Yang Inklusif dan Berkelanjutan Bagi Masyarakat Maritim Yang Sejahtera.

Sekilas tentang Kampung Panau, Secara geografis, Kampung Panau merupakan perkampungan berbukit dengan garis pantai lebih dari 1 kilometer. Pemukiman warga tersebar mulai dari bibir pantai hingga diatas perbukitan. Di pantainya pun tumbuh puluhan batang pohon kelapa mencapai sekitar 20 meter, setidaknya terdapat sekitar 200 kepala keluarga (KK) yang mendiami Kampung Panau saat ini. Mereka yang berasal dari berbagai suku di Indonesia juga memiliki beragam latar belakang pekerjaan. “Ada yang jadi nelayan mencari udang dan kepiting, ada juga jadi karyawan perusahaan swasta maupun pegawai swasta.

Baca Juga :   Lanal Dumai Turut Meriahkan Gowes Fun Cross Country Dumai Tahun 2023

Kampung Panau sendiri diapit banyak perusahaan besar yang bergerak diberbagai macam sektor industri. Mulai dari minyak dan gas, perkapalan, manufaktur, dan lainnya. Kampung Panau ini juga terdapat pantai wisata yang masuk dalam destinasi wisata Batam. Fasilitas yang ada di wisata pantai Kampung Panau ini dapat dibilang cukup lengkap dengan adanya fasilitas umum disini sudah tersedia. Karena lokasi dari pantai ini pun juga berdekatan dengan pemukiman warga. Selain terkenal akan keindahan pantai yang menawan, Pantai kampung panau juga menjadi salah satu objek kota tua dimana menjadi pusat peradaban islam yang dibawa oleh pedagang dari siak pada masa itu.

Hadir dalam kegiatan di Kampung Panau Kabil, Paspotmar Lanal Bintan Mayor Mar Yudha Bhakti, Dandenpom Lanal Bintan Mayor Laut (PM) Jusak N.A Pardede S.S., M.Han., Pasintel Lanal Bintan Mayor Laut (P) Mugiyono, Kanit Samapta Polsek Nongsa Iptu Harto, Pgs. Paset Lanal Bintan Letda Laut (K) Ringga Aldafio, S.Farm., Apt., Camat Nongsa diwakili Sekretaris Camat, Lurah Kabil, Kepala Sekolah SMKN 6 Nongsa diwakili Wakil Kepala Sekolah Andrew Marciano S, S.Pd, Bhabinkabtimas Nongsa Aiptu Agus, Kepala Sekolah SDN 007 Kampung Panau, Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam, Dinas Kesehatan Kota Batam, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat disekitar Kabil Nongsa Batam.

Baca Juga :   Pelajari Strategi Komtijemsi OMSP, Pasis Sesko TNI Ikuti FGD Latihan Penyusunan Rentikon Kotama Ops TNI

(Pen Lanal Bintan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *