Dalam Rangka Rangkaian Kegiatan Hari Armada RI Tahun 2023, Lanal Bandung Resmikan KBN TNI AL di Pesisir Pantai Kabupaten Garut

ANGKATAN LAUT22 Dilihat

Detikdjakarta TNI AL, Bandung,- Dalam rangka rangkaian kegiatan Hari Armada RI Tahun 2023, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bandung ikut melaksanakan peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) TNI AL yang secara Virtual dengan serentak dilaksanakan diseluruh Indonesia. Peresmian KBN ini tersebar di Satuan Komando Wilayah diseluruh Indonesia, sementara Lanal Bandung melaksanakannya di Kampung Gunung Geder, Desa Cijambe, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Senin (04/12/2023).

Kegiatan bertajuk “Kampung Bahari Nusantara TNI AL Siap Mendukung Transformasi Ekonomi Masyarakat Maritim dan Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. Pelaksanaan peresmian KBN di 69 titik diseluruh Indonesia dan terpusat di Sidoarjo Jawa Timur ditandai dengan Penandatanganan Prasasti KBN dilanjutkan Pemotongan Pita oleh Danlanal Bandung serta Bakti Sosial dalam rangka rangkaian Hari Armada RI Tahun 2023 kepada masyarakat Maritim berupa pemberian paket Sembako.

Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., mengatakan bahwa peresmian Kampung Bahari Nusantara ini dalam rangka rangkaian Hari Armada RI Tahun 2023 dan merupakan program dari TNI Angkatan Laut yang dilaksanakan setiap tahun dengan menyasar masyarakat-masyarakat pesisir.

Selain itu, bahwa Kampung Bahari Nusantara ini memiliki 5 kluster program, yakni Kluster Pendidikan dengan didirikannya Rumah Pintar, Kluster Ekonomi dengan diberdayakannya budidaya ikan lele, Kluster Kesehatan disediakannya Pos Pelayanan Terpadu, Kluster Wisata dibangun Pos Pantau, dan Kluster Pertahanan dengan didirikannya Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling). Dengan adanya program ini kita bisa memberikan stimulus kepada daerah agar menjadi daerah yang lebih maju kedepannya.

Lebih lanjut Danlanal Bandung menyampaikan bahwa menstimulus elemen-eleman masyarakat baik itu instansi terkait, pemda dan para pelaku usaha agar dapat membantu merangsang pertumbuhan ekonomi desa yang menjadi sasaran Kampung Bahari Nusantara. Dengan harapan seluruh elemen masyarakat baik itu instansi terkait, Pemda dan para pelaku usaha dapat membantu merangsang pertumbuhan ekonomi di desa yang menjadi sasaran Kampung Bahari Nusantara.

(Pen Lanal Bandung)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *