Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat Gelar Podcast Ekpedisi Rupiah Berdaulat (ERB) 2023 Bersama Komandan Lantamal XII

Detikdjakarta-TNI AL, Pontianak,- Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat bersinergi dengan TNI Angkatan Laut dalam hal ini Pangkalan Utama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut XII menggelar Podcast yang bertajuk Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023 dalam acara Bingkepod (Bincang Kebijakan Podcast) Season 2 Episode 3. Sebagai narasumber Komandan Lantamal XII Laksamana Pertama TNI Dr. Suharto disandingkan dengan Ibu Nur Asyura Anggini Sari selaku Kepala Pewakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat. Podcast ini digelar di KRI Sembilang-850 Mako Satrol Lantamal XII, Jeruju Pontianak, Selasa (21/02/2023).

Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) merupakan kegiatan Kas Keliling di Wilayah 3T (Terdepan, Terluar dan Terpencil) yang terselenggara berkat kerjasama TNI Angkatan Laut dan Bank Indonesia. Tujuan Program ini menjaga kedaulatan NKRI dengan menyediakan uang rupiah dalam kondisi yang baik dan jumlah yang sesuai kebutuhan masyarakat. Indoensia pernah kehilangan 2 pulau yaitu pulau Sipadan dan Pulau Ligitan karena transaksi masyarakat disana menggunakan mata uang Ringgit, bukan Rupiah.

Untuk ERB kali ini, tim akan mengunjungi lima pulau 3T, antara lain Pulau Karimata, Pulau Cempedak, Pulau Maya, Pulau Pelapis dan Pulau Padang Tikar pada tanggal 22-28 Februari 2023. Pulau yang menjadi tujuan ERB Kalbar dipilih karena memenuhi persyaratan dari segi luas wilayah, jumlah penduduk, dan mata pencaharian penduduknya. Selain itu, belum tersedianya layanan perbankan fisik pada kelima daerah tersebut juga menjadi faktor besar dalam pemilihan lokasi. “Untuk mencapai 5 lokasi tersebut tentu diperlukan sarana transportasi yang aman dan hadal. Kami berterima kasih kepada TNI AL yang sudah mendukung ERB dengan KRI Sembilang-850 ini beserta para prajurit TNI AL yang memiliki pengalaman dan pengetahuan dalam menavigasi wilayah tersebut”, tutur Kepala Pewakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat.

Baca Juga :   Polda Metro Jaya Musnahkan Narkoba Hasil Pengungkapan 3 Bulan Terakhir

“Kami juga menjadikan program Kas Keliling 3T ini menjadi ajang dan program Bela Negara bagi personel BI yang mengikuti dan melaksanakan kegiatan Kas Keliling dengan memberikan materi wawasan kebangsaan selama kegiatan. Tujuannya tak lain, menanamkan dan meningkatkan kecintaan kepada negara kita tercinta”, ucap Danlantamal XII.

Diharapkan dengan acara Bincang Kebijakan Podcast ini dapat memberikan wawasan bagi pemirsa yang menyaksikan dan turut memohon dukungan dan doa agar Ekspedisi Rupiah Berdaulat Kalimantan Barat 2023 ini berjalan lancar dan sukses.

(Dispen Lantamal XII)

(NDA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *