Aspotmar Danlantamal I Beri Pembekalan Kepada Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka-4 USMI Medan, Serta Pengenalan Alutsista TNI AL

Detikdjakarta – TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., diwakili Aspotmar Danlantamal I Kolonel Marinir Hendra Zarnadi, memberikan pembekalan tentang wawasan kebangsaan dan bela negara kepada Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM)-4, bertempat di Gedung Yos Soedarso Mako Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah No.01, Belawan, Sumatera Utara, Kamis (30/5/2024).

 

Sejumlah 74 orang mahasiswa-mahasiswi yang ikut dalam kegiatan tersebut berasal dari 35 perguruan tinggi di luar pulau Sumatera, yang ikut dalam Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM)-4 dan menjalani perkuliahan selama empat bulan di Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan.

Materi yang disampaikan Aspotmar Danlantamal I yakni, Pertama, wawasan kebangsaan yang menjelaskan sangat identik dengan wawasan nusantara, dengan cara pandang bangsa Indonesia dalam mencapai tujuan nasional yang mencakup perwujudan kepulauan usantara, sebagai satu kesatuan dalam bidang Keamanan, Politik, Sosal Budaya, Ekonomi, Pertahanan dan Keamanan.

 

Adapun tujuannya adalah untuk menanamkan rasa nasionalisme yang tinggi dari segala aspek kehidupan rakyat Indonesia, serta mengutamakan kepentingan nasional dari pada kepentingan perorangan, kelompok, golongan, suku bangsa dan daerah.

Baca Juga :   Danlanal Simeulue Hadiri Sidang Pantukhir Daerah Calon Bintara dan Tamtama PK TNI AL Gelombang II T.A. 2023

 

Kedua, dalam hal bela negara disampaikan bahwa aktualisasi bela negara sebagai perwujudan kesadaran bela negara, hakekatnya bagaimana sikap kita sebagai warga negara dalam kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara. Kesadaran akan bela negara, kita harus dapat memiliki sikap dan perilaku yang sesuai kejuangan, cinta tanah air, serta rela berkorban bagi nusa dan bangsa. Aktualisasi bela negara terhadap bangsa Indonesia, merupakan kekuatan negara Indonesia bagi proses pembangunan nasional, agar tujuan nasional dapat dicapai dengan sukses.

 

Disamping itu, disampaikan juga tugas-tugas pokok TNI AL kepada para mahasiswa. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para mahasiswa memahami nilai-nilai wawasan kebangsaan dan bela negara, untuk memiliki rasa nasionalisme yang tinggi dari segala aspek kehidupan.

 

Selesai pembekalan para mahasiswa-mahasiswi melaksanakan kunjungan Ke KAL Viper dan KAL Tarihu di Dermaga Lantamal I, untuk pengenalan Alutsista TNI AL, Lantamal I.

 

(Dispen Lantamal I)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *