Wujud Penghormatan dan Penghargaan Kepada Pahlawan, Lanal Bandung Gelar Upacara Bendera Tujuh Belasan

Detikdjakarta-TNI AL, Bandung,- Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., memimpin Upacara Bendera Tujuh Belasan di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Lanal Bandung, Jalan Aria Jipang No. 8, Kota Bandung, Jum’at (17/03/2023).

Bertindak selaku Komandan Upacara (Danup) PgS. Dansatma Lanal Bandung Lettu Laut (KH) Suhartono. Upacara bendera yang dilaksanakan tersebut diikuti oleh segenap Perwira dan Prajurit serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lanal Bandung yang tergabung dalam pasukan upacara terdiri dari 1 Ton Gabungan Perwira, Bintara Tamtama dan Ton PNS Lanal Bandung.

Upacara Bendera Tujuh Belasan diawali Pengibaran Bendera Merah Putih diiringi kumandang Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Pembacaan Undang-Undang Dasar 1945, Pengucapan Sapta Marga, serta Pembacaan Panca Prasetya Korps Pegawai Republik Indonesia, dan diakhiri dengan Andika Bhayangkari.

Komandan Lanal Bandung membacakan amanat Panglima Koarmada RI Laksamana MadyaTNI Heru Kusmanto, S.E., M.M., bahwa Upacara Bendera setiap tanggal 17 yang kita laksanakan secara rutin ini, esensinya merupakan pengejawatahan tugas kita melanjutkan perjuangan, menghormati, dan menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang mempertaruhkan jiwa dan raganya demi kemerdekaan bangsa dan negara kita. Bulan ini merupakan akhir dari Tri Wulan pertama program kerja tahun anggaran 2023.

Saya yakin kita telah bisa mengukur seberapa efisien dan efektif kita menjalankan segala kegiatan yang telah direncanakan sesuai dengan kebijakan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Secara umum, dibeberapa satker daya serap yang telah tercapai baru 14%, masih sangat rendah.

Visi Koarmada RI adalah “Koarmada RI Yang Profesional, Tangguh dan Modern Dalam Rangka Mempersatukan Kekuatan Laut Nusantara”. Untuk mewujudkan visi tersebut, Koarmada RI memiliki Misi yakni membina kesiapan dan kekuatan operasi armada yang modern, tangguh dan handal untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI melalui Operasi Pertahanan Matra Laut, mewujudkan prajurit Koarmada RI yang handal, professional dan berkarakter, membangun struktur kekuatan Koarmada RI dengan manajemen organisasi modern, efektif, efisien, bersih dan berwibawa, mewujudkan SSAT terintegrasi, tingkat kesiapan operasional tinggi dan penggunaan teknologi mutakhir, memiliki interoperability yang mampu dioperasikan bersama kekuatan pertahanan lainnya serta menyatukan sea power menjadi satu kekuatan yang terintegrasi dalam satu system operasi dan mewujudkan kesejahteraan prajurit Koarmada RI dan keluarga, menjamin terlaksananya tugas-tugas yang menjadi tanggung jawab Koarmada RI yang diberikan oleh negara, TNI dan TNI AL.

(Pen Lanal Bandung)

(NDA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *