Serpihan Pesawat Tempur Musuh Hantam Mako Lanal Dabo Singkep

ANGKATAN LAUT9 Dilihat

Detikdjakarta.com TNI AL, Dabo Singkep, 30 Januari 2024,- Satuan Komunikasi Pangkalan TNI Angkatan Laut Dabo Singkep (Satkom Lanal DBS) menerima berita dari Unsur Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada I melalui KRI Jhon Lie-358 yang sedang melaksanakan operasi disektor Tenggara Perairan Pulau Bangka, terpantau dengan radar udara konvoi pesawat udara tidak dikenal mendekati Pulau Tujuh dan diduga akan melakukan serangan terhadap Pangkalan Militer yang berada di wilayah Kepulauan Riau.

Guspurla Koarmada I memerintahkan Pangkalan TNI Angkatan Laut Dabo Singkep (Lanal DBS) untuk segera melaksanakan pertahanan pangkalan guna menghadapi ancaman yang akan datang baik dari darat, laut maupun udara serta melaporkan setiap perkembangan ke Pangkalan Utama Angkatan Laut IV (Lantamal IV) sebagai Koordinator Pangkalan.

Setelah mendapat informasi tersebut, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal DBS) Letkol Laut (P) Tri Hermawan M.A., M.Tr.Opsla., memerintahkan kepada Perwira Staf Operasi Lanal Dabo Singkep Lettu Laut (KH) Adji, S.H., untuk melaksanakan koordinasi dengan satuan samping serta melaksanakan Peran Tempur Bahaya Umum.

Terdeteksi 1 spot kontak udara yang diidentifikasi sebagai musuh mendekat ke Lanal Dabo Singkep dari arah Utara. Serta terpantau dari arah Pulau Lalang adanya pergerakan tiga buah perahu karet dengan kecepatan tinggi menuju Pelabuhan Dabo. Dari pengamatan teropong terlihat adanya pergerakan infanteri musuh dari arah Timur dan Selatan melalui Jalan Kesehatan dan Jalan Hang Kasturi menuju Lanal DBS.

Selanjutnya Danlanal DBS memerintahkan Pos Tempur yang berada diseluruh sektor Lanal Dabo Singkep untuk melaksanakan tembakan serangan terhadap musuh. Akhirnya Lanal Dabo Singkep berhasil memukul mundur infanteri musuh, pesawat tempur musuh jatuh tertembak oleh Pesawat Tempur F16 milik TNI Angkatan Udara dan serpihan pesawat tempur musuh tersebut jatuh ke Mako Lanal DBS sehingga mengakibatkan kebakaran.

Kegiatan tersebut diatas merupakan Simulasi Pertahanan Pangkalan dalam kegiatan Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Pangkalan P1 dan P2 yang dilaksanakan oleh seluruh prajurit Lanal DBS. Tim uji dari Komando Latihan (Kolat) Koarmada I yang dipimpin oleh Letkol Laut (P) Didik Hermanwan, M.Tr.Opsla., beserta 6 personel Kolat Koarmada I.

Uji Trampil Glagaspur P1 dan P2 tidak hanya Pertahanan Pangkalan, melainkan beberapa materi yang diujikan antara lain Peraturan Dinas Dalam (PDD) Khas TNI Angkatan Laut, Tali Temali, Peluit, Menembak, Penanggulangan Bahaya Kebakaran, Penanggulangan Huru Hara, serta materi lainnya.

Uji Trampil Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) dilaksanakan selama 2 hari mulai dari hari Senin 29 Januari 2024 hingga Selasa 30 Januari 2024. Seluruh uji terampil tersebut dapat dilaksanakan dengan lancar dan zero accident.

*(Pen Lanal Dabo Singkep)*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *