Detikdjakarta-TNI AL, Banjarmasin,- Setelah menempuh perjalanan selama 3 (tiga) hari dengan jarak tempuh sekitar 88 kilometer, 350 peserta Napak Tilas Luran Teks Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Ke-74 Tahun 2023 yang dilepas oleh Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setyawan, S.H., pada minggu malam (14/5) akhirnya tiba kembali di Lapangan Lambung Mangkurat, Kota Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (17/5/2023).

Napak Tilas Luran Teks Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Ke-74 Tahun 2023 dibagi dalam 5 (lima) etape yakni, Etape Pertama, Start Lapangan Lambung Mangkurat Kota Kandangan menuju Rumah Perjuangan Divisi IV ALRI H. Abdul Kadir di Desa Durian Rabung dimana rumah tersebut merupakan tempat Rapat Perumusan Teks Proklamasi 17 Mei 1949, dengan jarak tempuh 7,5 KM. Etape Kedua, menuju ke Tugu Proklamasi 17 Mei 1949 tempat Pembacaan Teks Proklamasi oleh H. Hasan Basry di Dusun Niih, Desa Hulu Banyu, Kecamatan Loksado untuk melaksanakan Upacara, Pembacaan Sejarah, dan Pembacaan Teks Proklamasi 17 Mei 1949 yang dilaksanakan malam hari pukul 20.00 Wita oleh perwakilan peserta Napak Tilas, dengan jarak tempuh sekitar 35 KM. Etape Ketiga, Makam Pahlawan dan Monumen 17 Mei 1949 Mandapai, dimana tempat tersebut dilaksanakan upacara penaikan bendera pertama kali dalam perjuangan Divisi IV ALRI di Dusun Mandapai, Desa Batu Bini, Kecamatan Padang Batung, dengan jarak tempuh sekitar 25 KM. Etape Keempat, bergerak kembali ke Rumah Perjuangan Divisi IV ALRI H. Abdul Kadir di Desa Durian Rabung, kemudian melaksanakan acara Hiburan Rakyat Teater Tradisional Mamanda, dengan jarak tempuh sekitar 13 KM. Etape Kelima, Finish di Lapangan Lambung Mangkurat dengan jarak tempuh sekitar 7,5 KM, kemudian melaksanakan Upacara HUT Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Ke-74 Tahun 2023.

Napak Tilas Luran Teks Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Ke-74 Tahun 2023 melombakan 4 (empat) kategori yakni, Kategori Disiplin, Penghayatan, Keutuhan Tim, dan The Best Costum/Favorit.

Kategori Disiplin, Juara 1 Tim Alex DP dari HSS dengan nilai 90, Juara 2 Tim Basgibar dari Batola dengan nilai 85, Juara 3 Tim Asri Anjar dari Balangan dengan nilai 80. Untuk Kategori Penghayatan, Juara 1 Tim Basgibar dari Batola dengan nilai 90, Juara 2 Tim KH. Ahmad Dahlan dari Kodim Banjarmasin dengan nilai 89, Juara 3 Tim Saka Bahari dari Kuala Kapuas dengan nilai 87. Sementara Kategori Keutuhan Tim, Juara 1 Tim KRI Dewa Ruci dari Banjarmasin dengan nilai 95, Juara 2 Tim Basgibar dari Batola dengan nilai 90, Juara 3 Tim KH. Ahmad Dahlan dari Kodim Banjarmasin dengan nilai 84. Sedangkan Kategori The Best Costum/Favorit, Juara 1 Tim Asri Anjar dari Balangan dengan nilai 90, Juara 2 Tim KRI Dewa Ruci dari Banjarmasin dengan nilai 87, Juara 3 Tim Pahlawan Buyem dari HSS dengan nilai 86, Juara 4 Tim Saka Bahari dari Kuala Kapuas dengan nilai 85, Juara 5 Tim Lima Pemuda Berbahaya dari Banjarbaru dengan nilai 84, Juara 6 Tim Pasrah dari HSS dengan nilai 80.

(Pen Lanal Banjarmasin)

Loading

Avatar photo

By Indah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: