Peduli Lingkungan, Lantamal XII Tanam Mangrove di Desa Sungai Bakau Kecil

Detikdjakarta-TNI AL, Mempawah,- Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII laksanakan penanaman mangrove serentak secara nasional 2023 di lingkungan kerja Lantamal XII yang berlokasi di Desa Sungai Bakau Kecil, Kecamatan Mempawah Timur, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Sabtu (18/03/2023).

Salah satu tujuan penanaman mangrove ini adalah untuk melindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan, tumbuhan mangrove ini merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki akar kokoh yang dapat meredam gelombang besar termasuk tsunami. Oleh karena itu, manfaat penanaman mangrove sangat penting sekali untuk mencegah terjadinya bencana alam.


Pada kesempatan ini, personel Lantamal XII Pontianak beserta warga Desa Sungai Bakau Kecil bekerjasama menanam bibit mangrove demi cegah abrasi pantai dan nantinya bisa menjadi wisata mangrove seperti kota-kota besar lainnya.

Desa ini merupakan salah satu desa binaan yang terdapat di lingkungan kerja Lantamal XII. Penanaman mangrove ini sangat penting karena manfaatnya beraneka ragam, salah satunya bermanfaat dalam meningkatkan peluang perekonomian masyarakat Desa Sungai Bakau Kecil yang sebagian bekerja sebagai nelayan.

Selain personel Lantamal XII, penanaman mangrove tersebut juga melibatkan berbagai elemen masyarakat mulai dari perwakilan Kecamatan Mempawah Timur, KKPH Mempawah Timur, Komunitas Love Mangrove, Organisasi Kemasyarakatan serta Pelajar.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Aspotmar Danlantamal XII, Kadispotmar Lantamal XII, Palaksa Lantamal XII dan personel Yonmarhanlan XII, serta para pegiat budidaya mangrove terkait.

(Dispen Lantamal XII)

(NDA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *