Lanal Dabo Singkep Gelar Upacara Hari Armada RI Tahun 2023

ANGKATAN LAUT5 Dilihat

Detikdjakarta TNI AL, Dabo Singkep,- Pangkalan TNI Angkatan Laut Dabo Singkep (Lanal DBS) menggelar Upacara Hari Armada Republik Indonesia Tahun 2023, bertempat di Lapangan Apel Mako Lanal DBS, Selasa (05/12/2023).

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Dabo Singkep (Danlanal DBS) Letkol Laut (P) Tri Hermawan M.A, M.Tr. Opsla., diwakili oleh Palaksa Lanal DBS Mayor Marinir Saul Jamlaay.

Pada kesempatan tersebut, Inspektur Upacara membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., mengatakan “Marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa, Allah subhanahu wa ta’ala, yang telah melimpahkan rahmat dan ridho-Nya sehingga kita dapat melaksanakan upacara peringatan Hari Armada RI Tahun 2023 dalam keadaan sehat wal’afiat”, tuturnya.

“Prajurit Jalasena Samudera yang saya banggakan, setiap kali saya berdiri dihadapan prajurit Jalasena, saya merasakan kekuatan dan semangat membara, yang membuktikan bahwa keberanian dan dedikasi kalian merupakan pondasi kokoh dalam menjaga kedaulatan laut nusantara. Semangat juang yang telah ditunjukkan merupakan langkah untuk mengembalikan kejayaan maritim Indonesia. Ingatlah selalu pesan Presiden RI Joko Widodo bahwa di laut tersimpan harapan, di laut tersimpan kejayaan”, tegas Kasal.

Lebih jauh Kasal mengatakan “Dengan dinamika perkembangan lingkungan strategis saat ini TNI Angkatan Laut dihadapkan pada tuntutan untuk terus meningkatkan kemampuan dan kekuatan. Kompleksitas tantangan berupa ancaman tradisional maupun non-tradisional menegaskan urgensi bahwa prajurit Jalasena Armada harus adaptif dan responsif terhadap setiap potensi ancaman yang mengganggu keamanan dan kedaulatan negara di laut. Oleh karena itu, keberadaan
Armada yang handal tidak hanya sebagai simbol kekuatan. Namun hal ini menunjukkan komitmen TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan peran diplomasi pemerintah guna mewujudkan perdamaian dunia”, ungkapnya.

“Untuk menjawab tantangan tersebut perlu dilakukan upaya pembinaan kemampuan dan pembangunan kekuatan TNI Angkatan Laut secara holistik. Hal ini mencakup pemenuhan dan modernisasi alutsista, peningkatan fasilitas pendukung operasi, serta pengembangan manajemen operasi dan dukungan logistik. Dan yang lebih utama, yaitu pendidikan dan pelatihan guna mewujudkan prajurit yang profesional. Melalui tema “Armada RI Membangun Kekuatan Laut Nusantara Menuju Indonesia Maju”, ucap Kasal.

“Peringatan Hari Armada RI tahun ini merupakan wahana merefleksikan diri serta melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas dan hasil yang dicapai. selain itu, momentum ini adalah bentuk rasa syukur kepada sang pencipta atas peran dan prestasi Armada RI dalam melaksanakan tugas sebagai garda terdepan pertahanan utama laut nusantara. Saya ingatkan bahwa di tahun politik ini, peran armada sangat penting dalam mendukung proses kelancaran pesta demokrasi di tanah air”, imbuh Kasal.

TNI Angkatan Laut tidak hanya sebagai penjaga laut, namun punya peran untuk memelihara ketertiban dan keamanan nasional serta berperan aktif memastikan pemilu berjalan jujur dan adil. Alutsista Armada harus siap membantu pemerintah dalam pengamanan dan distribusi logistik pemilu sampai dengan pulau-pulau terpencil dan terluar.

Kasal juga menambahkan, “Pada kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh prajurit Jalasena Samudera dimanapun bertugas, ketahuilah bahwa penghormatan dan ucapan terima kasih tidak cukup untuk menyampaikan rasa syukur atas pengabdian kalian yang tanpa batas. Kalian menjadi contoh nyata, bahwa kehormatan bangsa tidak bisa diukur dengan imbalan materi dan pujian semata”, tambahnya.

Kehormatan sejati terletak pada ketulusan hati dan kesediaan untuk mengabdi tanpa pamrih demi kejayaan bangsa. Atas nama seluruh jajaran TNI Angkatan Laut, saya mengucapkan “Selamat Hari Armada Republik Indonesia”. Teriring doa dan harapan semoga Armada RI senantiasa menjadi Ksatria Pengawal Samudera yang mampu menyatukan nusantara dengan menjunjung tinggi nilai-nilai keberanian dan kehormatan”, pungkas Kasal.

Upacara tersebut dihadiri oleh segenap Prajurit dan PNS Lanal Dabo Singkep.

(Pen Lanal Dabo Singkep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *