Kapolri Turunkan 5 Jenderal Bintang Tiga Pantau Pengamanan Mudik 2023

DETIKDJAKARTA.COM, JAKARTA –

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengaku telah menugaskan khusus lima Perwira Tinggi (Pati) Bintang Tiga agar dapat turun langsung mengawasi pengamanan mudik Lebaran 2023.

Listyo menjelaskan Korps Bhayangkara akan mengerahkan 148.884 personel untuk melakukan pengamanan Operasi Ketupat 2023 pada 18 April hingga 1 Mei mendatang.

Secara khusus, kata dia, akan ada lima Komjen yang bertanggung jawab untuk mengawasi pelaksanaan mudik di pelbagai wilayah Pulau Jawa.

Menurutnya penempatan Pati Polri tersebut sengaja dilakukan dengan harapan pelaksanaan Operasi Ketupat berjalan secara optimal.

“Apabila kami tidak melaksanakan secara optimal potensi kemacetan luar biasa tentu akan terjadi,” jelasnya dalam rapat kerja bersama Komisi III DPR RI, Rabu (12/4).

“Kami akan turunkan seluruh personel kami termasuk Pati bintang tiga untuk kita sebar di seluruh wilayah, yang kita harapkan bahwa kegiatan operasi ketupat ini betul-betul dilaksanakan secara maksimal,” sambungnya.

Adapun kelima Pati Polri yang mendapatkan penugasan merupakan Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto untuk wilayah Banten, Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran untuk wilayah Polda Metro Jaya.

Baca Juga :   Kapolri Pastikan Beri Pelayanan Terbaik Bagi Keluarga Korban Kecelakaan Tol Cikampek

Selanjutnya Kabaintelkam Polri Komjen Wahyu Widada untuk wilayah Jawa Barat, Kalemdiklat Polri Komjen Purwadi Ariyanto di wilayah Jawa Tengah dan Dankor Brimob Komjen Anang Revandoko pada wilayah Jawa Timur.

Lebih lanjut Listyo menjelaskan pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan mulai dari contra flow, one way, dan pengaturan penyebrangan di Pelabuhan Merak dan Ciwandan.

“Penerapan one way dan contra flow yang tentunya ini kita evaluasi agar tidak membuat wilayah lain khususnya jalan arteri tidak mengalami kendala atau hambatan,” pungkasnya.

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *