Danlantamal XII Pontianak Hadiri Penyerahan Sertifikat oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional RI

BERITA65 Dilihat

Detikdjakarta-TNI AL, Pontianak,- Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) XII Laksamana Pertama Dr. Suharto menghadiri Acara Penyerahan secara simbolis Sertifikat Redistribusi Tanah dan Penyerahan Sertifikat Hak Pakai Aset Pemkot Pontianak, Kabupaten Mempawah dan Kabupaten Kubu Raya oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional RI Marsekal TNI (Purn) Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P., bertempat di Aula Khatulistiwa Kantor Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Wilayah Provinsi Kalbar, Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (01/03/2023).

Penyerahan sertifikat ini merupakan tambahan tanah baru untuk rakyat. Ini adalah tanah yang berasal dari tanah negara hasil penyelesaian konflik, tanah telantar, dan pelepasan kawasan hutan. Sertifikat diterima oleh petani langsung dan sesuai dengan tanah yang dimiliki oleh setiap yang menerimanya.

Dalam sambutannya, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional RI Marsekal TNI (Purn) Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P., menyampaikan “Pagi hari ini kita menyaksikan pelepasan kawasan hutan yang sebagian selama ini berkonflik. Oleh sebab itu, dari pemegang sertifikat milik yang baru saja saya berikan tolong dijaga sertifikat itu dan juga harus dapat mengelola aset yang ada di dalamnya,” ujarnya.

“Kalimantan Barat ini hampir 57,14% itu wilayahnya kawasan hutan, kami terus mendorong Gubernur Kalbar untuk terus menyelesaikan soal sertifikat yang ada di wilayah Kalimantan. Saya juga akan melihat secara langsung nanti terkait dengan wilayah-wilayah yang masyarakatnya ada di hutan. Sekali lagi saya berterima kasih kepada Polri, Anggota Komisi II DPR RI dan Gubernur Kalbar, saya mengharapkan bahwa dalam pelaksanaan PCL maupun PPHDP dapat berjalan lancar di Provinsi Kalbar,” tutur Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional RI.

Diharapkan masyarakat penerima agar menjaga sertifikat tanah yang telah diserahkan agar tidak hilang, rusak, beralih fungsi, atau dialihkan kepada orang lain. Serta mewujudkan reformasi agraria bagi masyarakat, memastikan ketersediaan, dan kepastian ruang hidup yang adil bagi rakyat.

Sebelumnya, bertempat di VIP Room Lanud Supadio, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional RI (Marsekal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P.) dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia No. Flight GA 502 tiba di VIP Room Lanud Supadio, Kubu Raya Kalbar disambut oleh Forkopimda Provinsi Kalimantan Barat yaitu Gubernur Kalbar H. Sutarmidji, S.H, M.Hum., Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs. Suryanbodo Asmoro, M.M., Danlanud Supadio Marsma TNI Prasetiya Halim, S.H., Danlantamal XII Pontianak Laksma TNI Dr. Suharto, Kajati Kalbar Dr. Drs. Muhammad Yusuf, S.H., M.H., dan pejabat lainnya dari kantor Wilayah ATR/BPN Provinsi Kalbar.

(Dispen Lantamal XII)

(NDA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *