Danlantamal I Tinjau Lokasi Penemuan Pengungsi Rohingya

ANGKATAN LAUT17 Dilihat

Detikdjakarta.com TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Laksamana Pertama TNI Dores Afrianto Ardi, S.E, M.Si., M.Han., CRMP., meninjau lokasi penemuan pengungsi Rohingya di Pesisir Pantai Desa Karang Gading, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Minggu (31/12/2023).

Adapun Informasi didapat dari laporan Kepala Desa dan warga setempat. Danlantamal I langsung memerintahkan Tim Intel dan personel Yonmarhanlan I untuk pengecekan informasi tersebut. Selanjutnya Danlantamal I bergerak menuju lokasi dengan menggunakan RIHB 12, Sea Rider dan perahu karet. Sesampainya di lokasi Danlantamal I langsung meninjau Kapal yang berjenis kayu yang membawa para pengungsi, selanjutnya bertemu dengan salah seorang pengungsi
yang menguasai Bahasa Inggris, Danlantamal I langsung lakukan wawancara. Menurut pengakuannya, mereka berlayar kurang lebih selama 22 hari dari Bangladesh, dan sengaja ditinggalkan oleh nakhoda kapal yang membawa mereka ditengah laut dan mengandaskan kapal mereka, kemudian nakhoda tersebut pindah ke kapal lain yang ikut mengiringinya, dan meninggalkan kapal mereka, sehingga mereka terdampar di desa pesisir tersebut.

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan terhadap KTP mereka yang rata-rata memiliki tanggal lahir yang sama. Sementara ini, para pengungsi ditempatkan di tenda-tenda untuk menunggu penanganan oleh UNHCR, dan diawasi 4 personel Yonmarhanlan I, 2 personel Babinpotmar, 2 personel Tim Intel Lantamal I, instansi TNI, Polri dan Masyarakat setempat.
Jumlah dari pengungsi 147 orang, terdiri dari pria dan wanita dewasa, anak laki-laki dan perempuan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asops, Asintel Danlantamal I, Dansatrol Lantamal I, Dandenma, Kadispotmar Lantamal I, serta Danyonmarhanlan I,

(Dispen Lantamal I)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *