Aspotmar Danlantamal I Jadi Narasumber Kepada Peserta Program Pendidikan Profesi Guru (PPG)

ANGKATAN LAUT38 Dilihat

Detikdjakarta.com.TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) Jasiman Purba, S.E., CHRMP., diwakili Aspotmar Danantamal I Kolonel Mar Hendra Zarnadi, menjadi narasumber dalam kegiatan pembekalan tentang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada peserta Program Pendidikan Propesi Guru (PPG), bertempat di Gedung Digital Library Lantai IV Unimed (Universitas Negeri Medan), Jalan William Iskandar, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu (08/5/2024).

Aspotmar Danlantamal I menyampaikan bahwa wawasan kebangsaan sangat identik dengan wawasan nusantara, dengan cara pandang bangsa Indonesia dalam mencapai tujuan nasional yang mencakup perwujudan kepulauan nusantara, sebagai satu kesatuan dalam bidang Keamanan, Politik, Sosal Budaya, Ekonomi, Pertahanan dan Keamanan kepada peserta Profesi Guru.

“Adapun tujuannya adalah untuk menanamkan rasa nasionalisme yang tinggi dari segala aspek kehidupan rakyat Indonesia, serta mengutamakan kepentingan nasional dari pada kepentingan perorangan, kelompok, golongan, suku bangsa dan daerah,” ujar Aspotmar Danlantamal I.

Selanjutnya, dalam hal bela negara disampaikan bahwa Aktualisasi Bela Negara sebagi perwujudan kesadaran bela negara, hakekatnya bagaimana sikap kita sebagai warga negara dalam kesediaan berbakti pada negara dan kesediaan berkorban membela negara. Kesadaran akan bela negara, kita harus dapat memiliki sikap dan prilaku yang sesuai kejuangan, cinta tanah air, serta rela berkorban bagi nusa dan bangsa. Aktualisasi bela negara terhadap bangsa Indonesia merupakan kekuatan negara Indonesia bagi proses pembangunan nasional, agar tujuan nasional dapat dicapai dengan sukses. Kesadaran akan bela negara harus dapat memiliki sikap dan prilaku yang sesuai kejuangan, cinta tanah air, serta rela berkorban bagi nusa dan bangsa. Sementara itu, kearifan lokal sebagai nila yang hidup dapat dijadikan sebagai salah satu sumber daya pertahan.

Baca Juga :   Gelar Buka Puasa Bersama, Lanal Dabo Singkep Berbagi Santunan Ke Anak Yatim Piatu

(Dispen Lantamal I)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *