Upacara Tradisi Sambut Anggota Baru di Lanal Tarempa

ANGKATAN LAUT6 Dilihat

Detikdjakarta.com TNI AL, Kepulauan Anambas,- Menyambut kehadiran keluarga baru di Lanal Tarempa, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tarempa Letkol Laut (P) Ari Sukmana, S.E., M.Tr. Opsla., memimpin langsung jalannya upacara tradisi penyambutan anggota baru di Lapangan Lanal Tarempa, Jalan Hangtuah, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Senin (08/01/2024).

Pada awal tahun 2024, Lanal Tarempa menerima 1 personel Bintara Remaja atas nama Sersan Dua Marjaman Maeri Korps Komunikasi merupakan lulusan Bintara Angkatan 42 Gelombang 2 TA. 2023 Kodiklatal.

Mengawali amanatnya, Komandan Lanal Tarempa mengajak kepada segenap Prajurit dan PNS Lanal Tarempa untuk terlebih dahulu panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala ridho dan karunia-Nya kita masih diberikan kekuatan lahir batin sehingga dapat melaksanakan acara tradisi penerimaan Bintara Remaja Lanal Tarempa Angkatan 42 Gelombang 2 dalam keadaan sehat walafiat.

“Kepada Bintara Remaja Lanal Tarempa Serda Kom Marjaman Mairi, saya selaku Komandan Lanal Tarempa beserta seluruh Prajurit dan Keluarga Besar Lanal Tarempa mengucapkan selamat datang di Lanal Tarempa. Saya yakin dan percaya bahwa Bintara Remaja yang ditugaskan di Lanal Tarempa adalah prajurit-prajurit terbaik dari lulusan Kodiklatal maupun Satdik dengan bekal ilmu yang diperoleh selama pendidikan sehingga mampu untuk mengawaki pangkalan TNI AL di wilayah perbatasan seperti Lanal Tarempa yang kita banggakan,” ucap Danlanal Tarempa.

“Tradisi ini merupakan kegiatan pembinaan yang diwariskan pendahulu dan suatu kewajiban bagi personel baru yang akan mengisi satuan ini kedepannya agar tumbuh rasa kebanggaan sebagai seorang prajurit sejati. Hal ini sangat penting, mengingat jiwa korsa dan semangat yang tinggi merupakan sebuah kunci keberhasilan dalam pelaksanaan tugas serta dengan jiwa patriotisme akan membentuk prajurit handal dan professional”, tambah Letkol Laut (P) Ari Sukmana.

Danlanal Tarempa juga menjelaskan bahwa tradisi satuan semacam ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan ketika ada personel baru yang masuk satuan baik itu Perwira, Bintara maupun Tamtama guna menumbuhkan rasa bangga dan cinta terhadap satuan dan akan membentuk prajurit yang tangguh, kuat, tanggap, tanggon dan trengginas sehingga tercipta hubungan batin yang kuat baik antar satuan dengan personel.

Sebelum mengakhiri amanatnya, selaku Komandan Lanal Tarempa berpesan kepada Bintara Remaja agar meningkatkan terus semangat kepada diri kalian, tingkatkan juga ilmu dan keterampilan, junjung tinggi martabat dan kehormatan satuan khususnya serta selalu bersyukur atas apa yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Saat dilantik para prajurit TNI sudah bersumpah dan berjanji untuk melaksanakan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI, oleh karena itu tepati janji dan sumpah anda sebagaimana alam semesta ini bersumpah kepada Tuhan Yang Maha Esa hingga saat ini.

Pelaksanaan upacara yang diawali dengan penyematan tanda orientasi anggota baru dan penyiraman bunga oleh Danlanal Tarempa tersebut diikuti oleh segenap Perwira Staf, Bintara, Tamtama dan PNS Lanal Tarempa.

(Pen Lanal Tarempa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *