Tradisi Penyambutan Peusijeuk Komandan Lanal Lhokseumawe

Detikdjakarta-TNI AL, Lanal Lhokseumawe,-
Komandan Lanal Lhokseumawe Letkol Laut (P) Andi Susanto berserta Ketua Cabang 6 Korcab I DJA I Ny. Yuanita Andi Susanto menerima Tradisi Prosesi Adat Peusijuk (Tepung Tawar) oleh Prajurit Lanal Lhokseumawe di Markas Komando Pangkalan TNI AL Lhokseumawe, Jalan Raya PT. KKA KM 2, Kelurahan Palo Igeuh, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara,
Jum’at (7/4/2023).

Peusijuek adalah sebuah prosesi adat dalam budaya masyarakat Aceh yang masih dipraktikan hingga saat ini. Bagi masyarakat Aceh, Tradisi Peusijuek dimaknai sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah atas segala nikmat dan kebahagiaan yang diberikan kepada mereka.
Selain itu, tradisi ini sekaligus menjadi permohonan serta harapan agar selalu memperoleh keselamatan, keberkahan dan kesejahteraan.

Setelah dilakukan Tradisi Prosesi Adat Peusijuk, dilanjutkan dengan giat Tatap Muka Pembina dan Ketua Cabang 6 Korcab I DJA I kepada anggota Jalasenastri Cabang 6 Korcab I DJA I  di Gedung Balai Prajurit Mako Lanal Lhokseumawe.

Komandan Lanal Lhokseumawe dalam sambutannya mengatakan sebagai umat yang beragama tentunya sudah memiliki kewajiban untuk senantiasa melaksanakan peribadatan sesuai agamanya karena itu yang akan menjadi kunci ketenangan jiwa dan pola pikir kita dalam mewujudkan insan yang berakhlak mulia.

Baca Juga :   POLSEK METRO MENTENG BERSAMA 3 PILAR MELAKSANAKAN KERJA BAKTI

“Jalasenastri merupakan organisasi yang cukup berperan penting dalam mendukung kedinasan. Dukunglah suami dalam bertugas agar bisa mencapai hasil kerja yang diharapkan.

Pertahankan situasi yang sudah harmonis baik antara ibu-ibu dan suaminya,” ujar Danlanal Lhokseumawe.

Sementara itu, Ketua Jalasenastri Cabang 6 Korcab I DJA I Ny. Yuanita Andi Susanto menambahkan di lingkungan Lanal Lhokseumawe tetap dipertahankan keharmonisan dan kerukunan antar ibu-ibu Jalasenastri dan juga bisa membagi waktu dengan keluarganya.

“Pengurus Jalasenastri kedepannya reorganisasi karena semua harus belajar dan bisa dalam kepengurusan Jalasenastri terkhusus bagi ibu-ibu muda yang baru menikah, selain itu Ibu-ibu Jalasenastri harus menjaga kehormatan suami, ibu-ibu jangan sungkan untuk curhat atau menyapa supaya saya dan ibu-ibu lebih mengenal satu sama lain,” terangnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Palaksa Lanal Lhokseumawe, Perwira Staf beserta Prajurit Bintara, Tamtama dan PNS Lanal Lhokseumawe, serta Anggota Jalasenastri Cabang 6 Korcab I DJA I.

(Pen LSE)

(NDA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *