TNI AL, Tim Gabungan F1QR Lanal Dumai Gagalkan 17 Calon Pekerja Migran Indonesia Ilegal Di Pesisir Pantai Tanjung Leban Bengkalis Riau

Detikdjakarta-TNI AL, Dumai,- Tim Gabungan F1QR Lanal Dumai, Ops Intelmar Koarmada I dan Bais TNI berhasil menggagalkan rencana pemberangkatan 17 orang calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) secara ilegal di Pesisir Pantai Tanjung Leban, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau pada koordinat 01°40’06.2″ N – 101°44’22.9″ E, Selasa (07/03/2023).

Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Stanley Lekahena, M.Tr.Hanla, mengatakan bahwa keberhasilan Tim gabungan dalam menggagalkan upaya pemberangkatan PMI secara ilegal tersebut berawal dari informasi yang diterima dari agen di lapangan pada hari Senin, 06 Maret 2023 terkait adanya rencana pemberangkatan calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) secara ilegal melalui Pesisir Pantai Tanjung Leban Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau menuju Malaysia dengan menggunakan speed boat.


Lebih lanjut dikatakan, setelah tiba di lokasi Tim Gabungan melaksanakan penyisiran ke dalam hutan sawit hingga ke bibir pantai dan berhasil menemukan serta mengamankan calon PMI yang sedang berkumpul di titik kumpul Pantai Tanjung Leban Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau dan bersiap diberangkatkan secara ilegal menuju Malaysia sebanyak 17 orang yang terdiri dari 15 orang Laki-laki dan 2 (dua) orang perempuan. Selanjutnya 17 orang calon PMI dibawa menuju Mako Lanal Dumai untuk dilaksanakan pengecekan identitas, fisik, barang bawaan dan kesehatan.

Dari keterangan para calon PMI tersebut berasal dari berbagai daerah seperti Aceh, Lampung, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat dengan biaya pemberangkatan yang berbeda dari Rp.5.000.000,- hingga Rp. 12.000.000,-.

Keberhasilan TNI AL dalam hal ini Lanal Dumai dalam menggagalkan pemberangkatan PMI secara illegal ke Malaysia merupakan satu bentuk kesiapan dan kesiapsiagaan TNI AL dalam menghadapi berbagai ancaman di wilayah kerjanya sesuai instruksi dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Muhammad Ali.

Ditempat yang berbeda, Pangkoarmada I menyampaikan apresiasi terhadap keberhasilan Tim Gabungan dalam aksi penggagalan penyelundupan PMI yang merupakan tindakan nyata dalam rangka menjaga keamanan laut di wilayah kerja Lanal Dumai khususnya dan Koarmada I umumnya.

Selanjutnya pada hari Selasa, 07 Maret 2023 Pukul 13.30 WIB, 17 orang calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) diserahkan oleh Lanal Dumai kepada Badan Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Provinsi Riau untuk pendalaman dan proses lebih lanjut.

(Pen Lanal Dumai)

(NDA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *