TNI AL Lanal TBA Selamatkan Kapal Penumpang

Detikdjakarta-TNI AL, Tanjung Balai,- Patkamla Combat Boat Lanal TBA melaksanakan medevac/evakuasi terhadap KMP. Panipahan Mas yang berlayar dari Panipahan Menuju Tanjungbalai dengan membawa 30 penumpang dan 6 org ABK, yang mengalami mati mesin serta terombang ambing di Perairan alur masuk Kuala Bagan Asahan, Kamis (8/6/2023).

Komandan Lanal TBA Letkol Laut (P) Aan Prana Tuah Sebayang, S.E., D.W.C., membenarkan bahwa “KMP. Penipahan Mas mengalami trouble mati mesin, saat ini TNI AL Lanal TBA sudah mengevakuasi kapal tersebut dengan selamat. Saya mengapresiasi atas langkah cepat yang diambil personel Patkamla Lanal TBA,” tegasnya.

Berawal saat Patkamla Combat Boat yang sedang melaksanakan Patroli rutin melihat kapal KMP. Panipahan Mas dalam keadaan terombang ambing dan mengeluarkan asap dibagian buritan kapal disekitar Kuala Bagan Asahan pada Posisi 3°01’40” N – 99°51’47” E.

Melihat kejadian tersebut, Personel Patkamla Combat Boat melakukan pengecekan terhadap kapal dan menanyakan apa yg terjadi, dari keterangan Nahkoda kapal mengatakan ada kebocoran pada tangki bahan bakar dan juga kemasukan air yang menyebabkan mesin mati.

Baca Juga :   KPU sebagai kepanjangan tangan istana

Selanjutnya, Patkamla Combat Boat yang di Komandani Pelda Agus Prasetya langsung mengambil tindakan cepat dengan mengevakuasi kapal ferry ke Pelabuhan Panthon Kuala Bagan Asahan untuk pengecekan dan perbaikan, selanjutnya dilakukan pendataan seluruh ABK dan penumpang untuk memastikan keselamatan dan tidak ditemukan korban seluruh Penumpang dan ABK dalam keadaaan selamat.

Selesai perbaikan oleh ABK KMP. Ferry Panipahan, KM. Panipahan Mas melanjutkan pelayaran menuju tangkahan atap Tanjungbalai.

(Pen Lanal TBA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *