Tingkatkan Iman dan Taqwa, Lanal Sabang Gelar Peringatan Nuzulul Quran 1444 H

BERITA63 Dilihat

Detikdjakarta-TNI AL, Sabang,- Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Sabang Peringati Nuzulul Qur’an 1444 H/2023 M dengan tema “Memaknai Ibadah Puasa Ramadhan Untuk Meningkatkan Disiplin Diri dan Etos Kerja Prajurit TNI AL”, bertempat di Masjid Ar Rahman Mako Lanal Sabang, Jalan Yos Sudarso, Gampong Kuta Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Rabu (12/4/2023).

Acara diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an Surah Al Baqarah Ayat 183-185 oleh Serda Bah M. Ridho, dilanjutkan Shalawat Badar dipimpin oleh Parohis Kapten Laut (S) Mahdani, S.H., lalu sambutan Komandan Lanal Sabang diwakili Karumkit J.Lilipory Sabang Mayor Laut (K) dr. Widodo Rahayu, dan Ceramah Nuzulul Qur’an yang disampaikan oleh Pimpinan Pondok Pesantren Terpadu Al Mujaddid Kota Sabang Ustadz Tengku Irsalullah, S.Th.I.

Komandan Lanal Sabang Letkol Laut (P) Son Haji Hariyoko, M.Tr.Hanla., M.M., dalam sambutannya yang dibacakan oleh Karumkit J.Lilipory Sabang Mayor Laut (K) dr. Widodo Rahayu menyampaikan bahwa Nuzulul Qur’an adalah peristiwa Kitab Suci Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW di Gua Hira sebagai wahyu pertama dan tanda dimulainya Kenabian Rasulullah SAW.

Baca Juga :   Kaji-indonesia mengelar aksi dan pelaporan terkait dugaan kasus korupsi gedung VIP Bombana

“Melalui peringatan Nuzulul Qur’an diharapkan dapat meningkatkan iman dan taqwa serta meningkatkan disiplin dan etos kerja. Selain itu, diharapkan Personel Lanal Sabang bisa mengambil hikmah dan dapat mengaplikasikan baik dalam kehidupan sehari-hari maupun di lingkungan kedinasan,” ujar Danlanal Sabang.

Sementara itu, Ustadz Tengku Irsalullah, S.Th.I., dalam ceramahnya menyampaikan bahwa ramadhan adalah merupakan anugerah karena dapat meningkatkan rohaniah untuk beribadah di Bulan Suci Ramadhan. Selain itu, Ramadhan juga merupakan tolak ukur produktif manusia dimana zaman manusia terdidik untuk menahan lapar, haus dan hawa nafsu, serta pengendalian diri.

Lebih lanjut disampaikan bahwa di Bulan Suci Ramadhan, Allah SWT menurunkan Al-Qur’an agar menjadi petunjuk bagi manusia kejalan yang benar. Al-Qur’an sebacai obat dalam menenangkan jiwa sehingga dapat menjadikan manusia menjadi lebih baik jika berpegangan dan berpedoman kepada Al-Qur’an.

Kegiatan dihadiri oleh Karumkit J.Lilipory Sabang, Pasintel, Ka. Akun, Perwira Staf, Bintara, Tamtama, PNS dan PHL Lanal Sabang yang beragama Islam.

(Pen Lanal Sabang)

(NDA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *