Saka Bahari Binaan Lanal Lhokseumawe Laksanakan Pelatihan Bawah Air

ANGKATAN LAUT24 Dilihat

Detikdjakarta.com TNI AL, Lhokseumawe,- Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Lhokseumawe menggelar kegiatan Snorkling sebagai Syarat Kecakapan Khusus Pramuka Saka Bahari Binaan Lanal Lhokseumawe yang dilaksanakan di Kolam Renang PIM Komplek Perumahan PT. PIM Dewantara Aceh Utara, Minggu (11/02/2024).

Pada kesempatan tersebut, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Lhokseumawe Kolonel Laut (P) Andi Susanto melalui Pembina Saka Bahari Lanal Lhokseumawe Letda Laut Nongky membuka secara langsung Penyelenggaraan Latihan SKK Saka Bahari yang diikuti oleh Pamong Saka 1 orang, Dewan Saka 12 orang, Peserta Didik 15 orang, dan ⁠Instruktur Saka 2 orang.

Sejumlah materi latihan diberikan kepada para peserta meliputi latihan pengajaran teori juga praktek Kecakapan Kolam (LKK) dan Latihan Perairan Terbuka (LPT), cara pemakaian masker, snorkel dan pin, penyesuaian penggunaan masker, snorkel dan pin di air, serta cara melaju dengan kayuhan menggunakan pin tanpa kayuhan tangan.

Letda Laut Nongky menyampaikan bahwa hal ini merupakan rangkaian pelatihan dalam penyelenggaraan Pembinaan Saka Bahari Binaan Lanal Lhokseumawe yaitu kegiatan pengembangan kepada para Pinsaka Bahari di Kwartir Daerah, Cabang, Ranting dalam membina Saka Bahari.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat turut serta mendukung para generasi muda dalam meningkatkan kompetensi dan kecakapannya terutama dalam hal menyelam. Para adik-dik Pramuka Saka Bahari yang sudah mengikuti pelatihan ini dengan hasil yang baik nantinya akan dapat menanamkan kepada dirinya sendiri dan generasi muda lainnya untuk menambah kecintaannya dan kesadarannya kepada laut,” tambah Nongky.

Pada tempat terpisah, Danlanal Lhokseumawe menyampaikan bahwa ini merupakan bagian dari pembangunan sumber daya manusia yang unggul.

“Mengenalkan potensi maritim kepada generasi muda, serta menumbuhkan pemahaman dan kesadaran cara pandang khususnya Pramuka Saka Bahari dalam melihat ruang hidup bangsanya sebagai bangsa bahari, sekaligus menanamkan semangat cinta tanah air kepada generasi muda,” tutup Danlanal Lhokseumawe.

(Pen Lanal Lhokseumawe)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *