Prajurit Lanal Dabo Singkep Geruduk Desa Marok Kecil

ANGKATAN LAUT44 Dilihat

Detikdjakarta.com TNI AL, Dabo Singkep,- Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Dabo Singkep (Danlanal DBS) Letkol Laut (P) Tri Hermawan MA., M.Tr., Opsla., memimpin kegiatan bersih pantai di Kawasan Pantai Desa Marok Kecil, Kecamatan Singkep Selatan, Kabupaten Lingga, Rabu (08/5/2024).

Antusias peserta bersih pantai terlihat tinggi mengingat kegiatan ini sebagai sarana edukasi yang efektif untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk melakukan pengendalian pencemaran pesisir pantai dan laut. Aksi Bersih Pantai ini dari tahun ke tahun semakin meningkat, seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran bersama untuk mengatasi dampak sampah plastik di laut terhadap kualitas perairan laut dan keanekaragaman hayati.

Sebelum dilaksanakan pembersihan pantai, seluruh peserta melaksanakan apel kelengkapan, dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan yang disampaikan oleh Kepala Balai Pengobatan Lanal Dabo Singkep Lettu Laut (K) dr. Yosan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Usai penyuluhan kesehatan, seluruh peserta melaksanakan pembersihan Pantai Desa Marok Kecil.

Pada kesempatan tersebut, Danlanal DBS menyampaikan bahwa “Tujuan dari kegiatan bersih pantai ini adalah untuk meningkatkan kepedulian dan partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan pesisir dan muara untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan lestari serta meningkatkan kerjasama lintas sektor dalam pengelolaan sampah dari muara dan pesisir,” tuturnya.

Baca Juga :   Komandan Lanal Bandung Bersama Forkopimda Provinsi Jawa Barat dan Warga Masyarakat Sholat Idul Fitri di Lapangan Gasibu Kota Bandung 

Lebih lanjut Danlanal DBS mengatakan “Desa Marok Kecil ini kita pilih menjadi Kampung Bahari Nusantara (KBN). Kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat pesisir melalui program KBN merupakan salah satu langkah untuk mendukung pencapaian beberapa Program Prioritas Nasional. Program KBN memiliki 5 cluster yaitu cluster Pendidikan, Kesehatan, Pariwisata, Ekonomi, dan Pertahanan. Semoga kehadiran TNI Angkatan Laut di Desa Marok Kecil akan memberikan manfaat bagi masyarakat serta menjadi wadah kemanunggalan TNI dan rakyat,” ujarnya.

Sementara itu, ditempat yang sama Kepala Desa (Kades) Marok Kecil Rusdi mengatakan “Saya mewakili warga Desa Marok Kecil mengucapkan terima kasih banyak kepada TNI Angkatan Laut khususnya Lanal Dabo Singkep yang telah memilih Desa Marok Kecil dalam kegiatan KBN, karena ini merupakan penghormatan yang luar biasa, salah satunya untuk mensukseskan ekonomi masyarakat desa,” ucapnya.

Kegitan bersih-bersih pantai juga dihadiri oleh Palaksa Lanal Dabo Singkep Mayor Marinir Saul Jamlaay, PgS. Paspotmar Lanal Dabo Singkep Kapten Laut (E) Budi Suharyanto, Ka. BP Lanal Dabo Singkep Lettu Laut (K) dr. Yosan, Prajurit PLP 9 Marinir Dabo Singkep, Ketua Cabang 7 Korcap IV DJA I Ny. Rina Tri Hermawan, Dinas Kesehatan BKKBN Kabupaten Lingga, Saka Bahari Lanal Dabo Singkep, serta masyarakat Desa Marok Kecil.

Baca Juga :   Panglima Kolinlamil Laksanakan Kunjungan Kerja Hari Kedua di Satlinlamil 3

*(Pen Lanal Dabo Singkep)*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *