Perkuat Kemitraan, Danlanal Palembang Laksanakan Kunjungan Kerja ke Pj. Bupati Banyuasin

ANGKATAN LAUT7 Dilihat

Detikdjakarta TNI AL, Banyuasin Palembang,- Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palembang Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan lakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Banyuasin. Dalam hal ini Danlanal Palembang didampingi Palaksa Letkol Laut (P) Yusan Taufik, Dandenpomal Mayor Laut PM Reza Ali Aksha, Paspotmar Mayor Laut (K/W) Dewi Tresnawati, S.Kep.Ners., Pasintel Mayor Laut (E) Dedyan Basnur, A.Md., S.AP., Pasops Kapten Laut (P) Agus Heriyansyah serta Papen Lanal Palembang Kapten Laut (P) Agus Toha.

Tiba di Rumah Dinas Bupati Banyuasin sekira pukul 13.30 Wib, Danlanal Palembang disambut langsung oleh Pj. Bupati Hani Syopiar Rustam, S.H., didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Ir. Izro Maita, Sekda Banyuasin Ir. Erwin Ibrahim, S.T., M.BA., IPU., Asean Eng., Kadis PMD Rayan Nurdinsa, S.STP., M.Si., Kadis Kominfo DR. Salni Fajar, S.Ag., Kadis Propar Drs. M. Yusuf , M.Si., Kadis Perkebunan Idil Fitriadi, S.P., M.Si., Kabag Tapem Pujiyanto, S.IP., M.Si., beserta para Asisten.

Kunjungan Danlanal Palembang ke Banyuasin tersebut selain merajut silaturahmi antar lembaga, juga bertujuan menyampaikan beberapa hal penting terkait ruang lingkup wilayah kerja Lanal Palembang sekaligus mengenalkan beberapa Pos TNI AL yang berada di wilayah Kabupaten Banyuasin.

“Wilayah kerja Lanal Palembang ini tidak hanya Palembang, tetapi meliputi dua Provinsi yakni Sumsel dan Jambi. Dalam wilayah kerja ini, kami punya 21 Pos, 5 Pos Angkatan Laut dan 16 Pos Pembinaan Potensi Maritim, bahkan dari 21 Pos itu ada 9 Pos di wilayah Banyuasin,” ujarnya.

Lebih lanjut, dalam bincang santai bersama Pj. Bupati Banyuasin tersebut, Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan mengenalkan beberapa program unggulannya selama menjabat sebagai Danlanal Palembang, salah satunya membangun kampung binaan yang disebut Kampung Bahari Nusantara yang sejauh ini sudah berdiri di dua wilayah yakni 1 Ilir dan 15 Ulu Palembang.

Masih kata Danlanal, bahwa nantinya Lanal Palembang juga akan membangun Kampung Bahari Nusantara 3 yang kali ini masuk wilayah Kabupaten Banyuasin tepatnya di Desa Sungsang II Kecamatan Banyuasin II.

“Untuk kampung binaan yang ketiga ini nantinya akan kita bangun di Desa Sungsang II, jadi desa ini memang desa nelayan yang menjadi potensi untuk kita lakukan pembinaan, apalagi tempatnya itu sangat padat penduduk. Target kita adalah memberikan sosialisasi serta edukasi, membantu kehidupan masyarakat disana agar bisa lebih baik lagi,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Danlanal Palembang juga turut mengundang Pj. Bupati Banyuasin beserta jajaran untuk hadir dalam peresmian Kampung Bahari Nusantara 3 di Desa Sungsang II yang dijadwalkan pada 1 Desember 2023 mendatang.

Sementara itu, Pj. Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam berharap dengan silahturahmi Danlanal Palembang ini, dapat terus memperkuat koordinasi dalam meningkatkan sinergi antara pemerintah daerah dengan TNI Angkatan Laut khususnya Lanal Palembang.

“Dengan dipilihnya Desa Sungsang II sebagai Kampung Bahari Nusantara 3 kami sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Danlanal Palembang, Insha Allah saya akan hadir semoga tidak ada yang menghalangi”, tegasnya.

Hani juga menambahkan ada potensi kemaritiman yang ada di Kabupaten Banyuasin yaitu Taman Nasional Sembilang dengan potensi Migrasi Burung Migran atau Burung Siberia yang akan berkumpul di Taman Nasional Sembilang setiap tahunnya.

“Dengan potensi tersebut merupakan awal sinergitas antara Pemkab Banyuasin dengan Lanal Palembang dalam pengembangan pariwisata dengan cara menarik Turis Mancanegara untuk singgah di Kabupaten Banyuasin. Kami berharap melalui kunjungan ini dapat memperkuat koordinasi dalam meningkatkan sinergi dan kekompakan antara TNI Angkatan Laut khususnya Lanal Palembang bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuasin,” pungkasnya.

(Pen Lanal Palembang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *