Pengusaha Muda Berdarah Minang Bernama Reza Eka Pahlevi, Membuka Usaha Restoran Padang

Detikdjakarta-Jakarta, 24 Februari 2023

Keinginan memulai membuka usaha rumah makan Padang, telah diniatkan cukup lama oleh Reza Eka Pahlevi, seorang pengusaha muda berdarah Minang. Bagi Reza Eka Pahlevi yang memiliki berbagai lini bisnis, namun tanpa memiliki rumah makan khas Minang seperti kehilangan sebagian jati dirinya. Reza memimpikan untuk memiliki rumah makan Kapau dengan cita rasa otentik sebagaimana di Ranah Minang. Dengan mimpi itu lah dibangun rumah makan Kapau Rayo ini.

Reza Eka Pahlevi yang berdarah campuran Jawa dan Minang ini, melalui rumah makan, ingin ikut melestarikan kekayaan kuliner Minangkabau dan sekaligus ikut mendorong promosi Pariwisata Sumatera Barat.

“Berawal dari jamuan keluarga yang disajikan oleh Mamaret, mertua dari adik kandungnya, yang selalu mengutamakan orisinalitas mulai dari pengolahan, proses sampai penyajian serta citra rasa yang luar biasa, muncul kembali keinginan kuat untuk membuat rumah makan khas Minang tersebut,” ujar Reza, usai membuka RM Kapau Rayo, Jumat (24/2/2023) di Dharmawangsa Square, Jl. Dharmawangsa VI, Ruko Unit-34, Jakarta Selatan.

Mamaret, kata Reza, akhirnya setuju untuk mendukung niat baiknya. Menurut Reza, tak mudah juga meyakinkan Mamaret agar bersedia membagi hasil masakannya untuk bisa dinikmati oleh para pecinta kuliner lainnya.

Agar bisa memunculkan rasa yang otentik tersebut, berbagai bahan mentah dan bumbu diimpor langsung dari Sumbar, seperti Kelapa, Cabe, Bawang, Jahe, Kunyit, Daun Salam, dan terkhusus, Kapau Rayo menggunakan beras asli dari Petani Kapau, Petani Ampek Angkek dan sekitarnya. Beras Randah ini adalah Beras Organik. Tidak menggunakan pupuk kimia. Sehingga aromanya terasa lebih wangi dan lebih sehat sekaligus meningkatkan selera makan.

Untuk variasi menu, jelas Reza, Kapau Rayo fokus untuk beberapa menu tertentu saja yang benar-benar khas dan otentik. Mengutamakan kualitas dan rasa. Rendang Kapau Rayo adalah Rendang Hitam (bukan Kalio yang berwarna masih coklat) yang sangat khas aromanya seperti dimasak di kampung halamannya. Gulai Cancang yang terasa bumbunya. Tambunsu (usus Sapi yang diisi telur).

Gulai Kapau yang menjadi salah satu ciri masakan Kapau sangat membangkitkan selera makan. Gulai Kikil, Bebek Cabe Ijo, Ikan Bilih Cabe Ijo, Gulai Ayam, Ayam Goreng Bumbu, Ayam Pop dan lain-lain yang disiapkan secara bervariasi dan berbeda setiap hari. Yang akan jadi salah satu favorit dan menarik minat juga adalah Asam Padeh Gajeboh. Goreng Telor Barendo panas, bisa dipesan dan dibuatkan segera sebelum makan. Itu beberapa diantara menu yang disediakan Kapau Rayo.

Untuk mendukung masakan yang sehat, bersih dan berkualitas, Dapur dibangun dengan sistem yang modern dan higienis.

Reza, merupakan pengusaha yang percaya dengan proses. Konsep bisnisnya dimulai dari kecil untuk terus bertumbuh menjadi besar. “Itulah kenapa dimulai dari satu unit ruko dulu. Mencari lokasi yang dianggap sesuai, juga tidak mudah,” imbuhnya.

Untuk interior, tambah Reza, Kapau Rayo melibatkan beberapa tenaga ahli dibidangnya masing-masing. Pendekatan konsepnya menggunakan prinsip Eklektik, dimana dibuat sedemikian rupa dari berbagai unsur tradisional dengan unsur modern, sehingga semua elemen disatukan secara unik. Sehingga hampir semua sudut di Kapau Rayo akan sangat instagramable.

Dalam acara pembukaan tersebut, ditampilkan karya tari dari Koreografer Hartati yang diciptakan khusus untuk pembukaan Kapau Rayo. Hartati lebih dikenal sebagai koreografer Laskar Pelangi, pembukaan Sea Games 2012, Asian Games 2018, Dosen IKJ dan sering menampilkan karya ciptanya di beberapa negara.

(NDA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *