Patkor Indindo Ke-41 Tahun 2023 Resmi Dibuka

ANGKATAN LAUT6 Dilihat

Detikdjakarta TNI AL, Belawan,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo memimpin pembukaan Patroli Terkoordinasi Indonesia dan India (Patkor Indindo) Ke- 41 Tahun 2023 secara resmi dibuka oleh Komandan Lantamal I didampingi Commodore Prashant Handu yang menjabat Naval Component Commander Of Cincan, bertempat di Gedung Yos Sudarso Mako Lantamal I, Jalan Serma Hanafiah No. 01, Belawan, Sumatera Utara, Rabu (25/10/2023).

Komandan Lantamal I dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini kita menyadari betapa pentingnya menjaga keamanan maritim. Permasalahan ini telah menjadi isu penting baik dalam aspek regional maupun global. Seperti kita ketahui bahwa didalam laut dan perairan terkandung berbagai aspek kehidupan manusia, seperti perdagangan, transportasi dan bahkan keamanan nasional. Faktanya, sektor Asia Pasifik telah menjadi pusat perekonomian dan bisnis, hal ini menyebabkan wilayah Perairan Asia Tenggara menjadi sangat strategis dan juga sangat rentan terutama di wilayah perbatasan. Oleh karena itu, beberapa negara berusaha untuk menyelesaikan masalah ini sendiri atau bekerjasama dengan negara-negara lain. Negara lain baik Regional, Bilateral, maupun Multirateral yang terkait dengan negara tersebut untuk menjamin keamanan wilayah dari perompakan bersenjata, pembajakan, dan terorisme.

Dalam era Globalisasi saat ini permasalahan kelautan merupakan permasalahan yang banyak memerlukan penyelesaian bersama, kunci untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah kerjasama. Salah satu kerjasama yang telah kami lakukan adalah Indindo Corpat, dimana Angkatan Laut kita bekerjasama dengan pemerintah India khususnya Angkatan Lautnya. Dengan adanya Patkor Indindo, kami akan berbagi ide dan solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan keamanan maritim komprehensif antara Angkatan Laut India dan Angkatan Laut Indonesia, baik saat ini maupun dimasa depan guna menciptakan stabilitas keamananan yang kondusif.

Pada pelaksanaan Patkor Indindo ini, unsur TNI Angkatan Laut melibatkan KRI Bung Karno-369 sedangkan Angkatan Laut India melibatkan INS Kesari L-15. Nantinya unsur-unsur tersebut akan melaksanakan Patroli bersama dan Terkoordinasi untuk menjaga dan mengawasi wilayah perairan kedua negaranya masing- masing.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wadan Lantamal I, KS dan Asops Guskamla Koarmada I, Pejabat Utama Lantamal I, Atase Pertahanan India, Komandan INS Kesari L-15, para Komandan KRI, Prajurit KRI serta ABK Kapal Perang India.

(Dispen Lantamal I)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *