Pangkalan TNI Angkatan Laut Palembang Gelar Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Tahun 2023

ANGKATAN LAUT20 Dilihat

Detikdjakarta TNI AL, Palembang,- Komandan Lanal Palembang Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan melaksanakan Kegiatan Video Converence (Vicon) Gerakan Nasional Ketahanan Pangan (Hanpangan) Jajaran TNI Tahun 2023 dengan Wakil Presiden RI Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin di Kompleks Jakabaring Lanal Palembang, Rabu (01/11/2023).

Dalam sambutannya saat kegiatan Video Converence (Vicon) Gerakan Nasional Ketahanan Pangan jajaran TNI, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin meminta TNI harus peka terhadap situasi dunia yang tengah dilanda krisis pangan. Kepekaan itu harus dimiliki oleh TNI karena persoalan pangan dapat mempengaruhi stabilitas bangsa Indonesia.

Disela kegiatan, Komandan Lanal Palembang Kolonel laut (P) Sandy kurniawan menyampaikan, saat ini Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palembang melaksanakan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Tahun 2023 dalam rangka HUT Ke-78 TNI dengan mengusung tema ”TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”. Ketahanan pangan merupakan suatu kondisi terpenuhinya kebutuhan pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan secara cukup, baik dari jumlah maupun mutunya, aman, merata, dan terjangkau.

Lebih lanjut Komandan Lanal Palembang menyampaikan, hari ini kita melaksanakan kegiatan panen lele dan juga penanaman benih lele dan nila. Kita tidak bekerja sendiri tapi juga mendapat dukungan benih lele 2000 dari Dinas Perikanan Provinsi Sumsel dan 2000 benih ikan nila merah dari Dinas Perikanan Kota Palembang.

“Program ketahanan pangan yang dilaksanakan oleh Lanal Palembang tidak hanya disektor perikanan, tetapi juga disektor perkebunan, antara lain kita telah memanfaatkan lahan tidur yang berada didaerah PU untuk tanaman jagung, kita pun bekerjasama dengan PT. Pusri untuk menanam Sorgum dan Vanili di lahan percobaan milik PT. Pusri,” ungkap Sandy Panggilan akrab danlanal Palembang.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Palaksa Lanal Palembang Letkol Laut (P) Yusan Taufik, Paspotmar Lanal Palembang Mayor Laut (K/W) Dewi Tresnawati, PJ. Gubernur Sumsel diwakilkan Asisten Pembangunan Ir. H. Basyarudin Akhmad, M.Sc., Pangdam II/SWJ diwakilkan Kapok Sahli Brigjend TNI Norman Saito, Kolonel Inf Edi Y., Kapolda Sumsel diwakilkan Kasubdit Patroli Polairud AKBP Budi Santosa, Danrem 044/GAPO diwakilkan Kasrem Kolonel Inf M.Thohir, S.Sos., M.M., Danlanud SMH diwakilkan Kadislog Letkol Kal Yohanes Sukendar, S.E., Dandim 0418/Palembang diwakilkan Mayor Inf Al Kahfi, Kapolrestabes Palembang diwakilkan Kasubag SDM Kompol Mariyatun, Ketua DPRD Sumsel diwakilkan Wakil Ketua I DPRD H.M. Giri N. Kiemas, S.,E., M.M., Kadis Perikanan Provinsi Sumsel Aries Irwan Wahyu, S.STPi.,M.Si., PJ. Walikota Palembang diwakilkan Asisten II Ahmad Zulinto, S.Pd., M.M., Kadis Perikanan Kota Palembang diwakilkan Romli, Camat Jakabaring diwakilkan Sekcam Adrianto, Kadis Ketahanan Pangan Provinsi Sumsel diwakilkan Ir. Rahmat Mulia Harahap MM.

(Pen Lanal Palembang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *