Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2024

ANGKATAN LAUT38 Dilihat

Detikdjakarta.com PENHUMAS-SESKO TNI,- Komandan Sesko TNI Marsdya TNI Arif Widianto, M.B.A., M.Tr. (Han)., CHRMP., bertindak selaku Inspektur Upacara Hari Kelahiran Pancasila, dengan Komandan Upacara Kolonel Laut (P) Teguh Raharjo, M.Tr. (Opsla)., bertempat di Lapangan Sudirman Sesko TNI, Bandung, Sabtu (1/6/2024).

Tema Hari Kelahiran Pancasila tahun ini “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2024”. Tema tersebut mengandung arti bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat, sebagaimana pidato Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila RI (Kepala BPIP RI) yang dibacakan oleh Dansesko TNI. Didalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

Dalam pidatonya, Kepala BPIP RI juga menyampaikan Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, serta yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia .

Baca Juga :   Bersinergi Untuk Menjaga Keamanan Wilayah Laut Indonesia, Lanal Bengkulu Bertukar Data dan Informasi Dengan Bakamla RI

Diakhir pidatonya, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia.

Kegiatan diikuti oleh Wadan Sesko TNI, para Pejabat Utama Sesko TNI, para Perwira, Bintara, Tamtama, dan Pegawai Negeri Sipil Sesko TNI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *