Lanal Bintan Diserbu Masyarakat Nelayan Pesisir Menuntut Pembebasan Dua Nelayan Yang Ditahan Karena Melanggar Hukum

ANGKATAN LAUT5 Dilihat

Detikdjakarta – TNI AL, Bintan,- Puluhan warga masyarakat nelayan dengan menggunakan beberapa mobil, motor dan membentangkan spanduk serta poster menyerbu Lanal Bintan menuntut pembebasan terhadap rekannya karena tidak terima dengan penangkapan dan penahanan yang dilakukan TNI AL dalam hal ini Lanal Bintan terhadap 2 (dua) orang nelayan yang melakukan tindakan pengrusakan dalam penangkapan ikan di laut, Jum’at (19/01/2024).

 

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari skenario latihan dalam rangka Uji Terampil Geladi Tugas Tempur (Glagaspur) Pangkalan Tingkat 1 dan 2 (P1 dan P2) pada tanggal 18-19 Januari 2024 oleh Komando Latihan (Kolat) Koarmada I.

l

Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Pangkalan 1 (P1) dan Pangkalan 2 (P2) merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Kolat Koarmada I disetiap Lanal jajaran Lantamal IV untuk menguji kemampuan dan profesionalisme prajuritnya.

 

Kegiatan yang disaksikan langsung oleh Danlanal Bintan Kolonel Laut (P) Gita Muharam, M.Sc., tersebut diawali dengan briefing oleh PgS. Palaksa Lanal Bintan Mayor Marinir Yuda Bakti dan Perwira Staf kepada seluruh Personel Lanal Bintan. Dalam briefingnya, Palaksa Lanal Bintan menekankan agar dalam pelaksanaan Gladi P1/P2 dilaksanakan dengan serius dan semangat, ikuti aturan-aturan sesuai dengan skenario yang ditelah diatur oleh Pasops Lanal Bintan, sehingga hasil dari latihan-latihan tersebut bisa maksimal.

 

Lebih Lanjut, Palaksa Lanal Bintan menerangkan bahwa materi yang dilatihkan nantinya akan diuji dihadapan Tim Uji Terampil Kolat Armada I itu meliputi, pengecekan software dan hardware, tes tertulis bidang Kamla, SAR, Kebaharian. Kemudian kemampuan komunikasi, bongkar pasang senjata, Pasukan Huru Hara, dukungan perbekalan, kesehatan, pemadaman kebakaran dan manuver lapangan berupa drill komunikasi, kecakapan bahari, baris berbaris, Tata Upacara Militer, menembak, renang militer, evakuasi medis laut, bongkar pasang senjata, peran anti sabotase, pertahanan pangkalan dan evakuasi medis darat.

 

Pada kesempatan tersebut, Danlanal Bintan juga menyampaikan arahan dan penekanan kepada seluruh Prajurit Lanal Bintan bahwa dengan adanya latihan Uji Terampil itu dapat dijadikan dasar penilaian bagi pimpinan TNI AL terkait profesionalisme prajurit guna menghadapi tugas mendatang yang semakin kompleks dan dinamis.

 

(Pen Lanal Bintan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *