Lanal Bengkulu Evakuasi Perahu Nelayan Tradisional Yang Mengalami Rusak Mesin di Laut

ANGKATAN LAUT6 Dilihat

Detikdjakarta TNI AL, Bengkulu,- Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu menerjunkan Personel Patkamla Pulau Baai Bengkulu bersama Tim Gabungan untuk membantu evakuasi perahu nelayan tradisional yang mengalami kerusakan mesin di Perairan Bengkulu, Rabu (06/12/2023).

Kapal tersebut diketahui diawaki oleh dua nelayan yang pergi melaut untuk mencari ikan disekitar Perairan Kota Bengkulu, namum tiba-tiba mesin perahunya mati ketika itu, kemudian nelayan tersebut menghubungi keluarganya untuk meminta bantuan ke Basarnas Bengkulu. Tim Gabungan yang terdiri dari Patkamla (Patroli Keamanan Laut ) Lanal Bengkulu, Basarnas Bengkulu, dan Personel Polairud Bengkulu menuju lokasi kejadian menggunakan 1 unit Kapal Cepat (RIB) milik Basarnas Bengkulu. Setibanya di lokasi, Tim Gabungan melaksanakan evakuasi terhadap perahu dan 2 nelayan dalam keadaan selamat.

Setelah dilaksanakan pengecekan, perahu nelayan tersebut rusak pada mesin dan patah dibagian propeler yang diakibatkan oleh cuaca buruk dan gelombang besar sehingga propeler patah akibat dihempas gelombang. Kemudian perahu nelayan tersebut ditarik ke tepi Kolam Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu.

Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Yudho Mewah Angkasa, M.Tr. Opsla., menjelaskan bahwa kegiatan evakuasi berlangsung aman dan lancar, kerugian materiil maupun personel nihil dan kegiatan penyelamatan yang dilakukan oleh Prajurit Lanal Bengkulu merupakan salah satu salah peran serta tugas TNI selain perang yaitu menjaga kepercayaan negara bersama rakyat melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.

(Pen Lanal Bengkulu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *