Detikdjakarta-TNI AL, Lantamal XII,- Kakuwil Lantamal XII Kolonel Laut (S) Warwoto, S.E., M.Tr. Hanla., M.M., menjadi Inspektur Upacara pada Upacara Bendera Tujuh Belasan mewakili Danlantamal XII Pontianak Laksamana Pertama TNI Dr. Suharto, S.H., M.Si (Han) membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., yang diikuti seluruh Prajurit dan PNS di Lapangan Apel Mako Lantamal XII, Jalan Raya Wajok Hilir KM 17, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat, Jumat (17/2/2023).

Upacara bendera yang diselenggarakan setiap tanggal 17 setiap bulannya memiliki arti penting bagi kita semua. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan semangat juang dan cinta tanah air serta sebagai media komunikasi unsur pimpinan kepada satuan-satuan dibawahnya untuk menyampaikan kebijakan dan perintah serta informasi dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

Kakuwil Lantamal XII Pontianak Kolonel Laut (S) Warwoto, S.E., M.Tr. Hanla., M.M., selaku Inspektur Upacara membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., “Kita sadari bahwa dinamika situasi sangat tinggi dan tidak terduga telah didorong oleh perkembangan teknologi informasi dalam era keterbukaan dan perubahan global yang sulit dibendung. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengubah bentuk dan sifat ancaman terhadap kedaulatan Negara, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa.
Dalam rangka mewujudkan kedaulatan Negara di laut, TNI AL perlu memusatkan perhatian dan konsentrasi khususnya guna mencegah segala bentuk ancaman khususnya di pulau-pulau terdepan dan wilayah perbatasan, oleh karena itu TNI AL harus adaptif dengan senantiasa membangun kekuatan tempur secara optimal untuk mencapai kesiapan operasional yang tinggi guna menjawab setiap panggilan tugas Negara,” kata Kolonel Warwoto membacakan Amanat Kasal.

“TNI Angkatan Laut sebagai bagian integral kekuatan TNI, melalui upaya berkelanjutan membentuk Prajurit Matra Laut yang memiliki naluri dan semangat tempur tinggi dilengkapi dengan alutsista yang handal dan modern serta siap dioperasikan, hal ini senada dengan visi Panglima TNI menjadikan TNI sebagai Patriot NKRI.
Dalam mewujudkan sasaran tersebut dibutuhkan empat pilar pembangunan kekuatan TNI Angkatan Laut yang sekaligus menjadi fokus prioritas kita dalam pelaksanaan program kerja Tahun 2023, dan salah satu pilar tersebut adalah personel TNI Angkatan Laut yang profesional dalam artian prajurit yang dilengkapi dengan baik, terdidik, terlatih dan tangguh. Selain empat pilar tersebut yang harus dipedomani salah satunya adalah tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dalam setiap langkah pengabdian kepada bangsa dan Negara dengan memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI dan Trisila TNI Angkatan Laut sebagai landasan berperilaku dilingkungan kedinasan maupun dalam kehidupan bermasyarakat,” sambungnya.

Peserta upacara diikuti oleh Korps Musik, Peleton Pamen, Peleton Pama, Bintara, Tamtama dan segenap PNS Lantamal XII.

(Dispen Lantamal XII)

(NDA)

Loading

Avatar photo

By Indah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: